Yuk Berkenalan Dengan Jenis-Jenis Jerawat

Sobat Kapsida pasti pernah melihat atau mengalami sendiri jerawat tumbuh di wajah. Ada banyak lho jenis jerawat, mulai dari yang jerawat ringan atau jerawat yang berat. Mulai dari yang kecil hingga yang besar dan memenuhi wajah. Meski terlihat menyeramkan, Sobat Kapsida harus tahu dan kenal dengan jenis-jenis jerawat berikut ini. Yuk berkenalan lebih dekat dengan jerawat.

Acne Vulgaris

Tipe jerawat ini banyak dialami orang dewasa. Kemunculannya diakibatkan oleh radang. Biasanya akan terasa nyeri, disertai bengkak dan berwarna merah. Tidak hanya di wajah, jerawat ini juga dapat muncul di daerah dada dan punggung. Sebab muncul jerawat ini karena adanya bakteri Propionibacterium acnes.

Jenis jerawat ini lebih sering dialami remaja laki-laki. Jika sudah dewasa, justru wanita yang mudah terjangkit jenis jerawat acne vulgaris ini.

Acne Conglobata

Salah satu jenis jerawat yang berat. Biasanya diawali dengan tumbuhnya jerawat acne vulgaris. Selain muncul di wajah, jerawat ini dapat muncul di dada dan punggung. Lazimnya dialami oleh pria muda.

Acne Fulminans (Acne Maligna)

Jerawat ini jarang ditemui. Biasanya diawali dengan munculnya jerawat acne vulgaris ringan. Kalau pun ada, biasanya dialami remaja yang berusia antara 13 sampai dengan 16 tahun. Selain itu, sering dibarengi dengan gejala yang lain seperti tubuh yang lemas, demam, nyeri persendian bahkan pembesaran liver.

Drug-related Acne

Jerawat ini timbul karena pengaruh obat-obatan tertentu seperti steroid, anti kejang, obat penenang, hormon atau bahkan pengobatan tuberkulosis.

Acne Neonatus

Jerawat satu ini lazimnya diderita oleh bayi yang baru lahir. Biasanya dengan jenis kelamin laki-laki. Ngga perlu kuatir jika terjangkit jerawat ini, karena biasanya akan hilang dengan sendirinya. Ada banyak penyebabnya, diantaranya rangsangan kelenjar sebase dari hormon androgen bayi atau peradangan terhadap jamur malassezia yang sering ditemukan pada kulit manusia.

Acne Infantil

Merupakan jenis jerawat yang dialami oleh bayi berusia 3-12 bulan. Sering kali ditemukan dalam bentuk komedo kecil hingga peradangan pada pipi. Anak dapat mengalami risiko acne vulgaris lebih besar dan lebih berat ketika beranjak dewasa.

Rosacea

Jerawat ini sebenarnya merupakan kelainan yang terjadi pada kulit. Ciri-cirinya adalah warna merah dan rasa hangat pada kulit wajah, pelebaran pembuluh darah di bawah kulit dan permukaan kulit yang kasar

Di Indonesia, masyarakat punya istilah sendiri untuk jenis jerawat. Apa saja ya Sobat Kapsida?

Jerawat Biasa

Hampir sebagian besar orang pernah menderita jerawat ini. Jerawat ini mudah dikenali karena bentuknya yang kecil dan berwana putih kemerahan. Jerawat ini timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi baktmeri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous.Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah disekitarnya.

Jerawat Batu

Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

Komedo

Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit matti dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Jerawat Juvenil

Jerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum. Jerawat tipe juvenil merupakan perkembangan dari hormon jadi mungkin harus di atasi dengan cara yang alami, jangan menggunakan cara berbahaya.

Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Jerawat Rosacea

Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung

Jerawat Nitrosica

Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena yang jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah

***

5. kapsul bersih darah - kapsida kembang bulan

Konsomsi makanan sehat, sehingga asupan nutrisi dan vitamin mencukupi wajah, maka kulit wajah Sobat Kapsida akan terlihat lebih cantik, lembut, dan mempesona. Bila perlu, konsumsi kapsul bersih darah (Kapsida) Kembang Bulan yang dapat membantu meringankan segala permasalahan pada kulit Sobat Kapsida seperti jerawat. Tidak hanya itu, kapsida juga mampu mengurangi gatal-gatal, bisul dan koreng pada kulit kesayangan Sobat Kapsida. Dengan asupan vitamin yang cukup dari dalam tubuh maka wajah Sobat Kapsida akan terlihat lebih sehat dan segar merona.

Tetap hidup sehat, Sobat Kapsida!

**dirangkum dari berbagai sumber

1 Comment
  1. […] Sebelum mengetahui apa perbedaan bisul dan jerawat, Sobat Kapsida perlu membaca apa saja penyebab datangnya bisul dan jenis-jenis jerawat. […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?