Sauna. Apa Saja Manfaatnya?

Sebagian dari kita senang datang ke sauna. Sobat Kapsida tahu ngga sih manfaat sauna itu apa saja? berikut manfaat dari sauna: 

Membuang racun

Salah satu cara tubuh manusia menghilangkan racun dari dalam tubuh adalah melalui keringat. Berkeringat banyak adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan racun tubuh yang mungkin telah diserap dalam beragam cara. Dan, sauna melakukan pekerjaan ini. Dalam kondisi panas yang kuat di dalam sauna, kita bisa mengeluarkan keringat yang sangat banyak, yang membantu membilas racun dari dalam tubuh dengan cara yang hebat. Proses mandi sauna akan menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan keringat yang berfungsi dalam memberikan efek pembersihan secara menyeluruh pada kulit dan juga kelenjar keringat.

Keadaan berkeringat yang berlebihan ini akan meningkatkan kapasitas detoksifikasi kulit dengan membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran dari badan.

Kotoran tubuh yang tersimpan dalam jaringan lemak kemudian akan mencair di bawah suhu yang tinggi. Dan pada akhirnya kotoran tersebut akan dibuang melalui keringat atau saluran usus.

Membantu menurunkan berat badan

Terapi sauna adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan, dengan sedikit usaha. Selama mandi sauna, detak jantung meningkat secara substansial karena panas yang kering. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa sesi 20 menit dengan suhu sekitar 170 derajat Fahrenheit (75 derajat celsius) membakar lebih dari 500 kalori. Kecepatan metabolisme tubuh meningkat hingga mirip dengan cara yang dilakukan oleh latihan fisik, sehingga merupakan metode yang baik untuk menjaga berat badan. Mengapa sauna bisa menurunkan berat badan seseorang? Mandi sauna memiliki kinerja positif pada sistem metabolisme tubuh dengan meningkatkan kecepatan dan intensitasnya sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Kehebatan Melon Untuk Kesehatanmu

Sauna membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Satu lagi manfaat utama dari sauna adalah membantu menciptakan sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Sesi sauna membantu menghasilkan sel darah putih, yang berguna untuk melawan infeksi dan penyakit. Para pengguna rutin sauna memiliki jumlah sel darah putih yang lebih tinggi dibanding kebanyakan orang, sehingga mereka tetap sehat dan jika penyakit terjadi, mereka lebih cepat sembuh.

Membuat rambut lebih sehat

Kita memiliki kelenjar khusus yang disebut kelenjar sebaceous pada kulit kepala. Kelenjar ini melepaskan senyawa yang membantu menkondisikan dan melembabkan rambut kita. Menghabiskan beberapa waktu di sauna akan mengaktifkan kelenjar sebaceous, yang kemudian akan melepaskan senyawa bermanfaat ini yang membantu membuat rambut tampak sehat. Tidak perlu menghabiskan banyak uang pada produk perawatan rambut yang berisiko.

Membantu meningkatkan kinerja selama olahraga ketahanan

Tubuh kita memiliki tingkat tertentu terhadap toleransi panas. Menggunakan sauna secara rutin akan meningkatkan ambang batas toleransi panas. Hal ini menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam olahraga ketahanan karena pengguna sauna memiliki tingkat toleransi panas yang lebih tinggi sehingga mereka lebih tidak cepat lelah dan dapat mempertahankan tingkat energi mereka dalam periode waktu yang lama.

Baca Juga: Jalan Kaki, Cara Mudah Untuk Sehat

Membantu memulihkan dari aktivitas berolahraga

Saat ini, banyak gym memiliki sauna dan ada banyak alasan yang baik untuk hal ini. Sauna adalah cara yang sangat efektif untuk memulihkan diri dari latihan. Limbah metabolik dieliminasi saat berkeringat di sauna. Aliran darah ke otot-otot yang lelah dan tegang meningkat melalui sauna, sehingga membantu mereka untuk pulih dan rileks lebih cepat.

Sauna membantu anda terlihat lebih muda

Salah satu organ penting dari tubuh kita, yaitu kulit juga memerlukan olahraga teratur dan sauna adalah cara yang bagus untuk latihan kulit. Saat kita beranjak tua, lebih banyak sel-sel mati menumpuk ke pori-pori kulit kita, sehingga kulit menjadi kurang elastis. Beberapa sesi di sauna akan meningkatkan aliran darah ke kulit kita, yang membantu pertumbuhan kulit baru dan juga menghapus semua sel-sel mati yang terbentuk sebelumnya. Minyak, yang merupakan pelembab alami dan antibiotik yang ada dalam kulit kita, juga dimobilisasi melalui sauna. Ini membantu kita untuk terlihat lebih muda secara signifikan.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?