Bahan pewarna alami yang sering digunakan dalam pembuatan nasi kuning ini ternyata memiliki efek skin lightening bagi Minasan. Dengan bahan aktif yang bernama curcumin, kunyit berguna sebagai antiseptik dan membersihkan darah sehingga kulit kita bersinar dari dalam. Cara memanfaatkan kunyit untuk mencerahkan kulit cukup mudah. Campur kunyit yang sudah dihancurkan dengan bubuk beras dan susu kemudian aduk hingga menjadi pasta dan aplikasikan ke kulit sebagai masker. Hasil akan terlihat jika Minasan menggunakan masker kunyit 2 kali seminggu secara rutin. Jika hasilnya ingin lebih maksimal, Minasan juga bisa mengonsumsi jamu yang berbahan dasar kunyit.

Baca Juga: Lulur Kunyit untuk Perawatan Kulit

Si Kecil Mungil Kemiri

Kemiri atau yang dikenal oleh industri kecantikan dunia dengan sebutan kukui memiliki kandungan omega 3, linoleic acid, dan linolenic acid yang membuat kulit tetap lembab sehingga kulit tetap segar dan jauh dari kesan kusam. Minasan dapat menggunakan kemiri yang sudah diproses menjadi minyak sehingga bisa diaplikasikan untuk memijat wajah dan bagian tubuh lainnya.

Rempah-Rempah Asal Maluk : Pala

Selain kemiri dan kunyit, pala yang kaya akan vitamin ini mampu membuat kulit Minasan lebih cerah berseri daripada sebelumnya. Kaya akan vitamin B-kompleks, vitamin C sebagai skin lightening, asam folic, niacin, vitamin A, antioksidan, dan beta-carotene, pala merupakan rempah-rempah yang dapat menjaga kulit Minasan lembab, segar, dan terbebas dari radikal bebas yang membuat kulit menjadi tua dan kusam. Untuk penggunaannya, Minasan bisa mencari facial oil atau minyak pijat yang berbahan dasar pala kemudian oleskan pada kulit dan beri sedikit pijatan agar minyak pala dapat menyerap dengan baik.

Baca Juga: Rempah Ini Kaya Manfaat dan Bisa Dibuat Luluran

Kemenyan, Menyengat Namun Bermanfaat

Bau kemenyan yang menyengat seringkali mengganggu indera penciuman Minasan bahkan tak jarang membuat kepala menjadi pusing. Namun, dibalik baunya yang semerbak, kemenyan dapat berperan sebagai skin lightening dan mengencangkan kulit serta melindungi kulit dari radikal bebas. Tak hanya itu saja, kemenyan juga dapat membantu regenerasi sel yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Jika Minasan tertarik menggunakan rempah yang satu ini, Minasan dapat meneteskan sedikit frankincense (kemenyan) essential oil dengan virgin coconut oil (VCO), kemudian ratakan dan gunakan sebagai facial oil atau massage oil.