Pola Makan Sehat, Seperti Apa?

Memiliki perut ideal adalah impian banyak orang. Namun sayangnya hal tersebut kerap sulit diraih karena beberapa faktor penghalang, seperti kurang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat. Untuk hal yang terakhir disebut, banyak yang menganggap sebagai dilema. Di satu sisi, pola makan sehat seringkali tidak disertai dengan cita rasa lezat ketika bersantap. Di sisi lain, menyantap makanan lezat cenderung tidak sehat karena mengandung sedikit nutrisi.

Ada cara mudah dan jitu dalam menerapkan pola makan sehat di kehidupan sehari-hari. Dengan niat dan ketekunan, niscaya pola makan sehat akan efektif bantu mengecilkan perut dan membakar lemak-lemak tubuh yang berlebih.

1. Karbohidrat bukanlah musuh

Banyak orang menganggap karbohidrat sebagai ‘setan pengganggu’ dalam menjalankan pola diet. Faktanya, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat untuk sumber tenaga. Saran terbaik untuk mengonsumsinya adalah memilih sumber karbohidrat berkadar glukosa rendah namun memiliki serat tinggi, seperti beras merah dan gandum, sebagai bagian dari pola makan harian.

2. Pilih sumber protein yang tepat

Telur dan daging putih adalah sumber protein yang paling disarankan karena memiliki kandungan protein tinggi serta berbagai zat aktif alami lainnya yang bermanfaat bantu dorong pembakaran lemak lebih maksimal.

3. Sangat dianjurkan merancang pola makan sehat

Jangan pernah berpikir diet mengekang pola makan, melainkan justru sebagai panduan dalam meramu berbagai makanan menjadi sebuah komposisi sehat. Selain itu, pola makan sehat juga mencakup pengaturan jam makan yang lebih banyak dengan takaran yang disesuaikan untuk mendapat manfaat terbaik dari sumber pangan sekaligus memberikan rasa kenyang yang nyaman.

Baca Juga: Coba Cara Ini Jika Sobat Kapsida Kena Bisul

4. Tambah porsi sayuran Anda

Awali kebiasaan mengonsumsi sayuran sehat melalui jenis-jenis yang paling mudah diterima, seperti bayam, wortel, dan brokoli. Bagaimana dengan kentang? Sebaiknya dikurangi, karena kentang sebenarnya bukan termasuk sayuran, melainkan umbi yang mengandung cukup banyak karbohidrat. Sangat disarankan bertahap menambah porsi sayuran hijau dan kaya protein serta mineral di sela-sela pengaturan pola makan Anda.

5. Kurangi konsumsi MSG

Banyak yang berkata bahwa makanan kurang nikmat jika tanpa penyedap rasa atau MSG. Padahal penyedap rasa juga dapat diperoleh dari bahan alami, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, dan banyak rempah lainnya yang kaya rasa sekaligus menyehatkan. Tinggal di negara dengan kekayaan rempah melimpah, seharusnya Anda tidak kesulitan menemukan penyedap rasa alami.

Baca Juga: Daun Dewa Kaya Manfaat

6. Pelajari sinyal lapar Anda

Belum tentu ketika perut keroncongan adalah tanda lapar, bisa jadi hanya karena terlalu banyak gas di saluran pencernaan, khususnya lambung, sehingga membuat perut Anda seolah menjerit minta makan. Jika Anda membiasakan diri makan dalam pola jam yang telah diatur, tubuh pun perlahan akan menyesuaikannya.

7. Ngemil sehat

Semua orang senang ngemil, jadi mengapa harus dihindari? Justru Anda perlu mengubah camilan yang Anda konsumsi, dari yang biasanya asin gurih dan manis, menjadi camilan yang lebih alami, seperti kacang-kacangan atau buah. Untuk jenis kacang-kacangan, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi yang memiki kandungan minyak tinggi, seperti kacang tanah.

8. Minum air putih secara teratur

Teratur minum air putih berperan penting dalam menyeimbangkan kebutuhan hidrasi tubuh dan menjaga stabilitas nafsu makan. Selain itu, minum air putih secara teratur juga bermanfaat untuk bantu membersihkan usus dari ‘sampah’ yang berisiko mengganggu lancarnya saluran pencernaan.

9. Ingat selalu tujuan sehat Anda

Jangan pernah melupakan apa tujuan Anda berupaya meraih perut kecil nan sempurna. Selain sehat, tentunya Anda juga ingin terlihat menawan dalan berpenampilan. Untuk itu, Anda bisa menempelkan reminder di berbagai gadget Anda tentang pola makan sehat. Semakin Anda serius dan konsisten dalam melaksanakan pola makan yang sehat, maka akan semakin cepat pula efek maksimal yang Anda raih.

Saat Anda masih kecil, Anda dijejali dengan banyak peraturan tentang pola makan sehat. Anda harus banyak makan sayur, Anda harus rajin minum susu, dan Anda juga harus menghabiskan semua makanan Anda.

Namun ternyata selain hal tersebut, ada beberapa hal tentang pola makan yang baik yang belum sempat Anda pelajari saat masih kecil. Berikut adalah penjelasannya

Menyesuaikan dengan tubuh Anda
Tubuh mempunyai caranya sendiri untuk menentukan nutrisi apa dan seberapa banyak nutrisi yang ia butuhkan. Begitu pula dengan tubuh Anda. Dilansir dari mindbodygreen.com, tidak semua makanan, nutrisi, dan pola diet cocok untuk Anda. Oleh karena itu sebelum menentukan makanan, jenis nutrisi, dan pola diet ada baiknya Anda mendengarkan tubuh Anda terlebih dahulu.

Menyisakan makanan di piring
Banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk tidak menyisakan makanan di piring mereka. Namun ternyata dengan menyisakan makanan di piring, Anda memberi kesempatan bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan dengan baik sehingga rasa kenyang pun akan datang lebih cepat. Anda pun juga dapat benar-benar menikmati makanan tersebut.

Mengatur rasa lapar
Rasa lapar yang amat sangat dapat terjadi tidak hanya karena Anda benar-benar lapar. Bisa saja itu terjadi karena pengaruh emosional Anda. Oleh karena itu sebelum melahap suatu makanan, pikirkanlah apakah Anda memang benar-benar membutuhkan makanan itu atau itu hanya karena perasaan stres, kesepian, dan bosan yang menghinggapi Anda?

Jangan terlalu menghitung kalori
Menghitung kalori dipercaya dapat membantu tubuh menjaga kestabilan berat badannya. Namun hal ini malah membuat orang berpikir tentang kuantitas bukan kualitas. Mereka jadi cenderung mengabaikan beberapa kalori yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh demi alasan menjaga bentuk badan.

Tetap minum susu
Kebiasaan baik yang Anda lakukan saat masih kecil dengan rajin minum susu sebaiknya tetap Anda pertahankan hingga dewasa. Susu kaya akan vitamin, mineral, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sayur dan Buah Segar

Sayur dan buah memang menjadi salah satu makanan yang paling sehat yang ada di dunia ini. Pada kedua jenis makanan tersebut hampir tidak ditemukan kandungan yang berbahaya bagi tubuh anda. Hal ini akan lebih baik lagi jika anda memilih sayuran dan buah-buahan yang segar, sehingga nutrisi yang ada di dalamnya masih benar-benar terjaga. Atau mengapa anda tidak mulai untuk menanam sayur atau buah sendiri saja? Hal ini juga akan menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dengan varian yang berbeda akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kondisi tubuh.

Ikan dan daging

Selain buah dan sayuran protein juga penting bagi tubuh kita. Konsumsi ikan laut segar atau daging segar membantu anda mendapatkan sumber protein yang penting bagi tubuh. Namun hindari terlalu banyak makan daging ya, makanlah secukupnya. Selain daging protein juga bisa diperoleh dari tumbuhan yakni protein nabati, seperti kedelai yang diolah menjadi tempe dan tahu. Jadi anda bisa mengganti menu harian anda dengan banyak macam jenis protein.

Mengatur Jam Makan

Makan pada waktu yang teratur juga menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Misalnya anda akan sarapan pada pukul 08.00 pagi, makan siang pada pukul 13.00 dan makan malam pada pukul 19.00. Tidak hanya baik untuk kesehatan anda, memiliki jadwal makan yang teratur juga secara tidak langsung akan membuat jadwal kegiatan yang lainnya menjadi lebih teratur karena mengikuti jam makan anda. Dengan begini hidup anda juga akan menjadi lebih baik. Selain itupun jangan tidur setelah makan, agar organ pencernaan bekerja dengan baik. Hindari makan malam diatas jam 20.00 agar tidak terjadi penimbunan lemak.

Mengkonsumsi Karbohidrat Secukupnya

Karbohidrat memang menjadi salah satu sumber tenaga anda, namun bukan berarti anda harus memakannya secara berlebihan. Hal ini karena pada akhirnya karbohidrat akan diproses untuk menjadi glukosa. Dan tentu saja anda sudah mengetahui penyakit yang saat ini menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerang manusia, yakni diabetes. Mulai saat ini, lebih bijaklah dalam memakan sumber karbohidrat. Anda bisa menggantikan nasi dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih aman seperti dari jagung dan kentang. Sumber karbohidrat dari makanan tersebut lebih baik dikonsumsi untuk anda penderita diabetes.

Konsumsi air putih secukupnya

Air putih sangat penting bagi tubuh kita, karena itu pola makan yang sehat memerlukan air putih yang cukup. Kenapa saya katakan cukup, tidak 8 gelas sehari? Karena setiap orang melakukan aktifitas yang berbeda. Karena itu anda yang bisa merasakan apakah anda memerlukan air putih yang banyak atau tidak. Anda bisa merasakan jika terkena dehidrasi maka saat itulah tubuh anda kekurangan cairan. Selain itu mengkonsumsi air putih yang cukup bisa membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesegaran tubuh.

Hindari Junk Food dan Makanan Berlemak

Salah satu makanan yang harus dihindari manusia untuk pola makan sehat ialah junk food, namun sayangnya makanan ini malah menjadi salah satu makanan yang paling populer didunia. Selain junk food, makanan berlemak juga harus anda hindari. Lemak berlebih hanya akan menghasilkan tumpukan kolesterol jahat pada tubuh anda, yang kapan saja akan menjadi ancaman berbahaya bagi tubuh anda sendiri.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa anda terapkan dalam melakukan pola makan sehat secara bertahap. Namun tetap diingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik meskipun hal tersebut baik. Dengan pola makan sehat ini anda bisa mengontrol kesehatan tubuh dengan baik dan mengurangi resiko terkena penyakit mematikan seperti kolesterol, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi. Jika pola makan sehat ini untuk menurunkan berat badan lakukan dengan benar sesuai kekuatan tubuh anda dalam menekan jumlah kalori yang dibutuhkan.

Pola makan sehat yang ternyata tidak hanya berlaku saat Anda masih dalam masa pertumbuhan. Ada baiknya Anda tetap mempertahankan pola makan sehat selama hidup Anda demi senantiasa membuat tubuh menjadi lebih bugar

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?