Persiapan Sebelum dan Sesudah Berenang

Banyak orang senang berenang karena olahraga tersebut mampu merileksasi tubuh dan pikiran. Sayangnya, air kolam renang yang tercemar klorin dapat memberi efek buruk pada kulit.  Oleh karena itu, berikut adalah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum berenang untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Berenang di kolam yang airnya mengandung klorin, air laut, atau danau memang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Mulai dari iritasi, dehidrasi, sampai kondisi kulit yang kering. Segera lembabkan kulit setelah berenang. Salah satu cara untuk menghilangkan kontaminan yang berasal dari air pada kulit tubuh adalah dengan mandi dan keramas segera setelah keluar dari kolam.

Menurut British Swimming, klorin bisa menempel pada kulit, karenanya segeralah membilas untuk mencegah kulit iritasi. Selain itu, tingginya kandungan garam dalam air laut, ganggang, atau tanamalan lain di danau atau sungai, juga bisa menyebabkan gangguan kulit pada sebagian orang. Untuk itu segera bilas menggunakan sabun pada seluruh bagian tubuh. Lembabkan kulit Kolam renang secara teratur diberi klorin untuk membunuh bakteri sehingga orang yang berenang di dalamnya terhindar dari infeksi.

Namun bahan kimia tersebut bisa membuat kulit kering. Gunakan lotion atau pelembab pada kulit setelah membilas tubuh. Produk pelembab kulit yang dijual di pasaran biasanya cukup efektif untuk mencegah kulit kering. Jika kulit masih iritasi setelah berenang atau muncul bercak kemerahan, periksakan ke dokter.

Bersihkan kulit Minum cukup air putih merupakan cara lain untuk menjaga kesehatan kulit, selain mengoleskan pelembab. Minum cukup air, sebelum dan setelah berenang, akan membantu membersihkan kulit, menggantikan kelembaban yang hilang akibat paparan sinar matahari, serta membuang toksin.

Sebelum berenang

1. Mandi

Ini adalah salah satu aturan yang sering terlupakan. Mandi dapat membersihkan kotoran di kulit sebelum masuk ke kolam renang.

2. Mengoleskan tabir surya atau minyak kulit
Jika Anda berenang di luar ruangan, pastikan mengoles tabir surya ke kulit terlebih dahulu untuk melindungi kulit dari klorin dan sinar matahari. Jika berada dalam ruangan, cukup menggunakan minyak kulit ringan saja.
3. Menggunakan kondisioner atau minyak rambut
Kesehatan rambut juga perlu diperhatikan. Kondisioner atau minyak rambut dapat berperan sebagai pelindung alami untuk rambut. Setelah itu, basahi rambut dengan air suam-suam kuku untuk menghindari paparan klorin secara langsung.
4. Gunakan topi berenang
Topi khusus ini membantu meminimalkan paparan dari air klorin.
Setelah berenang
1. Mandi
Setelah berenang, pastikan Anda keramas untuk menghilangkan kimia yang menempel pada kulit. Gunakan air suam-suam kuku agar minyak dan kelembapan alami dari kulit tidak rusak.
2. Keramas
Sama seperti kulit, rambut yang terkontaminasi klorin sebaiknya segera dibersihkan. Jangan lupa menggunakan kondisioner setelahnya agar kelembapan rambut tetap terjaga.
3. Gunakan pembersih kulit dan pelembap
Setelah mandi, gunakan pembersih kulit untuk menghilangkan klorin yang masih menempel di kulit. Dengan demikian, risiko kerusakan kulit akan semakin kecil. Selain itu, pelembap juga tak kalah penting untuk menjaga kelembutan kulit. Bagi Anda yang akan beraktivitas ke luar rumah, jangan lupa oleskan tabir surya setelahnya.
Berbicara tentang renang, ternyata olahraga air ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari memperkuat otot-otot tangan, kaki, dan masih banyak lainnya. Nah, berikut ini ulasan lengkapnya. Yuk, read on!

1. Meningkatkan Kekuatan Otot


Source: Pexels

Dibandingkan dengan senam aerobik, berenang diklaim lebih efektif dalam menjaga kekuatan otot. Setiap gerakan yang dilakukan ketika berenang, seperti mengayun lengan tangan dapat membantu meningkatkan massa otot dan membangun kekuatannya. Dengan demikian, seseorang yang hobi berenang, biasanya memiliki tubuh yang kencang dan tidak bergelambir.

2. Membakar Kalori Secara Optimal


Source: Keijj44

Ingin mempunyai tubuh langsing dalam waktu singkat? Coba deh sering-seringlah berlatih olahraga renang. Aktivitas berenang ini diklaim dapat membakar kalori secara optimal, sehingga penumpukan lemak dalam tubuh pun dapat terhindari.

Lalu, berapa jam waktu efektif untuk berenang? Tak perlu lama-lama juga, cukup 30 menit sudah bisa membakar kalori sebanyak 180 kalori. Sedangkan untuk gaya renang yang paling efektif untuk menguruskan badan adalah gaya bebas.

3. Tubuh Jadi Lebih Lentur


Source: Glynn424

Renang juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh. Beberapa gerakan seperti tendangan pada pergelangan kaki dan ayunan pada lengan tangan saat berenang berguna untuk merenggangkan otot-otot tubuh. Sehingga apabila gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang, maka otomatis tubuh akan menjadi lebih lentur. Hal ini juga membuatmu terhindar dari risiko penyakit otot kaku.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Source: Geralt

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berenang dapat memperkuat otot-otot di jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Berenang juga dapat memperkecil risiko peradangan yang memicu aterosklorosis dalam hati. Dengan rutin berenang, kesehatan organ-organ tubuh dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga: Menjaga Jantung Tetap Sehat

5. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru


Source: Bykst

Di samping menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, olahraga renang juga berguna untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan meringankan gejala asma. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sekelompok anak yang menjalankan program renang selama 6 minggu, menunjukkan bahwa renang mampu mengurangi gejala mendengkur serta memperbaiki teknik pernafasan.

6. Mengatasi Despresi


Source: Anemone123

Di kala pekerjaan kantor menumpuk, masalah dengan teman memuncak, entah mungkin Kamu sedang bertikai dengan pasangan dan mendadak menjadi despresi, cobalah untuk merilekskan pikiran dengan berenang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berenang dapat mengembalikan kerusakan otak yang disebabkan oleh stres dan mampu meredam emosional. Ketika Kamu melompat ke dalam kolam, di saat itu pikiranmu akan terasa fresh dan seakan hidup kembali.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak


Source: Alexas_Fotos

Manfaati lainnya dari olahraga renang adalah mampu melancarkan aliran darah ke otak sehingga secara tak langsung kecerdasan juga akan bertambah. Baru-baru ini, penelitian di Australia melakukan survey test iQ terhadap anak-anak golongan perenang dan non-perenang. Hasilnya, mereka yang rutin melakukan olahraga renang dapat menguasai perkembangan bahasa lebih baik, memiliki keterampilan motorik yang handal, cermat dalam menghitung, serta mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Di samping itu, berenang juga membuat fisik mereka lebih berstamina dan jarang sakit.

8. Memperpanjang Umur


Source: Huskyherz

Manfaat olahraga renang memang sangatlah banyak, selain menjaga kesehatan organ dan meningkatkan IQ, renang juga disebut-sebut dapat memperpanjang usia seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universty of South Carolina mengemukakan bahwa rutin melakukan olahraga renang dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen dibandingkan orang-orang yang jarang berenang.

9. Memelihara Kecantikan Kulit


Source: Lightstargod

Olahraga renang juga memiliki manfaat untuk kecantikan, khususnya bila kegiatan ini dilakukan di air laut. Kandungan garam dalam air laut dapat membantu mengembalikan kelembaban alami kulit, membantu proses eksfoliasi dan pergantian sel-sel baru. Menurut orang-orang yang gemar berenang di air laut, mereka mengklaim bahwa kulitnya menjadi lembut dan semakin sehat seiring bertambahnya hari.

10. Mencegah Penuaan Dini


Source: AdinaVoicu

Untuk para kaum Hawa yang ingin memperoleh kulit cantik sekaligus awet muda, olahraga renang bisa menjadi jawaban tepat. Dengan rutin berenang, gejala-gejala penuaan dini seperti munculnya garis halus di kulit, kusam, dan keriput dapat dicegah. Sehingga wajah tampat sehat dan keremajaannya dapat terjaga dengan baik.

Demikianlah beberapa manfaat olahraga renang bagi kesehatan dan kecantikan. Ngomong-Ngomong, apakah Kamu juga penggemar olahraga renang? Jika tidak, yuk mulai belajar renang dari sekarang karena manfaat renang itu sangat banyak loh! Semoga bermanfaat, Guys.

Dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?