Pelajari Kondisi Kulit Saat Menstruasi!

Ketika menstruasi tak hanya mood yang selalu berubah, tetapi kondisi kulit pun demikian. Tak heran bila banyak wanita yang merasa risih saat menstruasi, karena kulit wajah mereka menjadi lebih berminyak, dan jerawat pun mulai muncul.

Kondisi kulit menjadi seperti ini lantaran dipengaruhi oleh peningkatan hormon dalam tubuh. Sehingga, produksi kelenjar sebum menjadi meningkat. Namun, tak perlu resah sebab ada cara mudah untuk mengatasinya.

Mengonsumsi banyak air mineral

Ingin kulit tetap bersih saat menstruasi? Menjaga hidrasi tubuh adalah kuncinya. Hal ini perlu dilakukan di minggu pertama menstruasi. Sebab di minggu pertama kulit tubuh mulai berubah. Nah, salah satu cara terbaik untuk menjaga hidrasi kulit adalah dengan mengonsumsi air mineral yang banyak.

Menjaga kelembapan kulit wajah

Pastikan untuk selalu menjaga kelembapan kulit wajah selama menstruasi dengan pelembap. Lantaran kulit wajah menjadi sangat sensitif saat menstruasi maka cukup lakukan perawatan lembut dan ringan di kulit.

Eksfoliasi kulit

Berminyak dan pori-pori kulit tersumbat sehingga timbul jerawat umum dialami oleh wanita jelang masa menstruasi. Melakukan eksfoliasi (pengelupasan) kulit sebelum waktu menstruasi penting dilakukan untuk menghindari masalah tersebut.

Bagi wanita, saat datang bulan merupakan saat yang paling menyebalkan. Mulai dari jerawat, kulit kusam, sakit perut, hingga perasaan sensitif akan dialami pada minggu menjelang dan saat datang bulan. Beberapa wanita biasanya menganggap masalah kulit saat datang bulan merupakan masalah yang paling menyebalkan untuk dilewati.

2 minggu sebelum datang bulan
Minggu ini ialah saat dimana kulit Anda berada dalam kondisi yang paling buruk. Tingkat hormon sex estradiol mengalami penurunan pada minggu ini. Sedangkan hormon testosterone yang merupakan hormon utama pada pria ada berada di tingkat yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan pori pori wajah membesar, sehingga jerawat lebih rentan muncul, terutama pada pemilik kulit sensitif berjerawat.

Seminggu sebelum datang bulan
Pada minggu ini, minyak akan lebih banyak keluar. Pori-pori juga akan semakin membesar dibandingkan minggu sebelumnya. Biasanya jerawat akan tumbuh pada bagian dagu dan tulang rahang.

Minggu selama datang bulan berlangsung
Keluarnya hormon prostaglandin saat datang bulan akan membuat kulit pada tubuh Anda menjadi lebih halus. Tapi sayangnya, pada minggu ini Anda akan merasa lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Minggu sesudah datang bulan
Pada minggu ini, perputaran hormon Anda banyak dikuasai oleh hormone estrogen dan progesteron, dimana kulit Anda akan menjadi halus, lembut, bersinar dan kenyal. Bukan hanya jumlah jumlah keduanya yang seimbang, tetapi jumlah keduanya selalu meningkat di setiap datang bulan yang Anda alami pada bulan berikutnya.

Wanita yang sedang menstruasi biasanya suasana hatinya akan berubah dan tidak stabil. Selain itu, si wanita juga akan merasakan nyeri pada perutnya sehingga membuatnya jadi malas untuk bergerak. Bagi Anda para wanita, apakah merasakan hal seperti itu saat sedang menstruasi?

Bukan hanya perubahan suasana hati saja, tapi kulit juga akan berubah saat dan sesudah menstruasi. Biasanya sejumlah wanita yang sedang menstruasi keadaan kulit wajahnya terlihat agak berminyak dan tumbuhnya jerawat.

Mengalami hal seperti itu tentunya bisa mengurangi rasa percaya diri Anda, bukan? Hal tersebut dikarenakan meningkatnya hormon di dalam tubuh, terlebih produksi kelenjar sebum yang bertambah. Untuk itu, sebaiknya Anda jangan malas untuk merawat kulit wajah.

Walaupun sedang menstruasi, namun Anda harus melakukan perawatan wajah akan tetap terlihat cantik mempesona. Berikut cara merawat kulit wajah saat menstruasi:

1. Perawatan ringan

Saat sedang menstruasi, lakukanlah perawatan yang ringan saja. Jangan pernah facial saat Anda sedang menstruasi karena saat itu kulit sedang sensitif. Sebaiknya, lakukan perawatan dari bahan alami saja dan rajin membersihkan atau mencuci wajah dnegan sabun pembersih.

2. Masker wajah dari buah-buahan

Walaupun sedang menstruasi, namun jangan malas untuk tetap melakukan perawatan wajah. Anda disarankan untuk tetap menjaga kecantikan kulit wajah dengan cara memakai masker wajah dari buah-buahan. Banyak buah yang bisa dijadikan masker dan membuat kulit Anda menjadi cantik. Buah tersebut, antara lain pisang, mentimun, alpukat, dan buah lainnya.

3. Perawatan herbal

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan herbal saat sedang menstruasi. Anda bisa mengguankan teh hijau yang dijadikan masker. Masker teh hijau ini bisa membuat kulit menjadi halus dan cocok untuk kulit sensitif.

4. Minum air putih

Agar tak dehidrasi dan kulit tetap sehat, sebaiknya Anda harus mencukupi air putih setiap harinya yaitu 2 liter per hari. HIndari minuman bersoda atau mengandung kafein. Lebih baik perbanyak minum air putih saja agar kulit Anda tetap terjaga kelembapannya.

Itulah cara merawat kulit wajah saat menstruasi. Jadi, tetap lakukan perawatan wajah saat sedang menstruasi. Hal tersebut demi mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik sehingga bisa membuat Anda lebih percaya diri.

*dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?