Meski Asem dan Kecut, Strawberry Banyak Manfaatnya

Buah stoberi tak hanya memiliki penampilan yang indah. Si merah ini juga kaya manfaat bagi kesehatan. Meski rasanya manis dan asam, stroberi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan manusia. Berbagai penelitian menemukan stoberi bermanfaat sebagai pemutihan gigi, mengobati iritasi pada kulit hingga memperbaiki masalah pencernaan.

Warna merah stroberi berasal dari kandungan anthocyanidin yang menandakan buah ini kaya antioksidan. Tingginya antioksidan pada stroberi beguna untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung.  Buah ini juga mengandung vitamin C dan K, serat, folat, magnesium, dan kalium. Berikut manfaat makan buah stoberi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kandungan vitamin C, buah stroberi dapat memperkuat kekebalan tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh akan tak mudah terserang infeksi. Vitamin C juga akan memberikan manfaat lebih jika dikombinasikan dengan makanan lain yang mengandung zat besi.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Stroberi mengandung antioksidan seperti anthocyanin yang membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam darah. Kondisi ini dapat memberikan efek antiinflamasi sehingga menyehatkan jantung. Seperti diketahui, kolesterol jahat dapat membentuk plak pada pembuluh darah arteri. Akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah, kemudian meningkatkan risiko penyakit jantung.

Melawan kanker

Kandungan asam ellagic dalam buah stroberi dipercaya dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah risiko terkena kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita masayarakat di Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Kulit Manggis Dapat Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Awet muda

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah stroberi membawa banyak manfaat untuk tubuh. Vitamin C yang menghasilkan kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit. Seperti diketahui, seiring bertambahnya usia, manusia akan kehilangan kolagen yang membuat kulit menjadi keriput. Makan stroberi merupakan cara alami untuk membuat kulit terlihat lebih awet muda. Kolagen akan memperlambat proses penuaan.

Mengurangi berat badan

Stroberi merupakan buah rendah kalori dan kaya serat. Jika makan buah ini, perut akan terasa kenyang. Makan stroberi bisa menahan rasa ingin makan berlebihan yang bisa membuat berat badan bertambah. Selain itu, vitamin C juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan cukup cepat membantu pembakaran kalori.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Wanita Agar Cantik Awet Muda

Mengatasi rambut rontok

Manfaat makan buah stroberi juga bisa untuk mencegah rambut rontok. Kandungan nutrisi dalam stroberi dinilai efektif untuk mencegah penipisan rambut, ketombe, bahkan infeksi jamur. Tak heran jika beberapa produk kesehatan rambut berbahan dasar  buah stroberi untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau.

Meningkatkan daya ingat

Alasan lain mengapa Anda perlu mengosumsi buah ini, yaitu karena manfaatnya untuk meningkatkan memori atau ingatan seseorang. Stroberi mengandung fisetin, flavonoid alami yang memengaruhi peningkatan memori. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, makan dua atau lebih buah stroberi dalam satu minggu, sudah dapat memberikan efek peningkatan memori.

Sumber: Kompas.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?