Mengorek Manfaat Daun Sirih untuk Wanita

Wanita membutuhkan bahan-bahan alami yang dipercaya memberikan manfaat terbaik bagi tubuh. Salah satunya adalah daun sirih, yang sudah sejak ratusan tahun lalu menjadi bahan alami yang digunakan wanita Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol. Daun sirih memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat lebih ampuh dari antiseptik pada fenol biasa. Pada masa menstruasi, bakteri tumbuh dengan cepat di area kewanitaan dan dapat menimbulkan bau, gatal, atau iritasi kulit lainnya.

Agar kulit Anda bersinar, buatlah pasta dari daun sirih. Tambahkan sedikit santan untuk campuran pasta. Oleskan ke wajah Anda untuk meningkatkan kilaui kulit. Namun, tips ini tidak baik untuk kulit sensitif.

Menurut dr Boy Abidin, SpOG, untuk menjaga kesehatan vagina, wanita setidaknya sadar dan memahami pentingnya mengganti pembalut sesering mungkin, terutama saat menstruasi. “Karena darah haid yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman,” ujar dr Boy.

Bagi kecantikan wanita, daun sirih juga telah dikenal sejak lama memberi manfaat besar. Walau kini agak sulit menemukan tumbuhan merambat tersebut, namun tak ada salahnya Anda mengetahui apa saja manfaat daun sirih untuk kecantikan Anda. Berikut ini beberapa diantaranya seperti dikutip dari berbagai sumber:

Kulit gatal alergi

Air rebusan daun sirih dikenal memiliki sifat antiseptik yang kuat. Selain itu, ia juga dapat meringankan gejala peradangan di kulit. Jika Anda mengalami gatal-gatal akibat alergi atau penyakit kulit lainnya, gunakan air rebusan daun sirih sebagai bilasan. Caranya, didihkan air secukupnya, lalu masukkan beberapa lembar daun sirih dan segera matikan api. Diamkan hingga daun sirih layu dan ambil air rebusan tersebut.

Obati jerawat

Jerawat yang meradang serta memenuhi wajah Anda, coba atasi dengan membasuh wajah menggunakan air daun sirih. Lakukan secara teratur beberapa kali sehari. Ini membantu mengeringkan jerawat dan menyembuhkannya.

Hilangkan bau badan

Bau badan yang diakibatkan bakteri, memang sangat mengganggu. Karena itu cobalah untuk membilas ketiak dengan air rebusan daun sirih. Lakukan setiap kali usia mandi, agar efektif.

Hilangkan keputihan

Masalah keputihan juga bukan hal yang ringan bagi wanita. Coba gunakan air rebusan daun sirih sebagai pembilas organ intim usai buang air kecil. Ini membantu menghilangkan gangguan keputihan tersebut.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?