Mengkudu dan Sejuta Manfaatnya

Siapa yang tak kenal dengan buah mengkudu? Ya, mengkudu adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Biasanya mengkudu dikonsumsi orang sebagai sayur mayur, rujak hingga dijadikan bahan jus. Dalam sebuah penelitian ada yang menyebutkan bahwa buah mengkudu ini bermanfaat sekali untuk mereka yang menderita kanker. Hal itu lantaran dalam buah mengkudu mengandung zat antioksidan dan bisa merangsang kekebalam tubuh manusia.

Mengkudu adalah tanaman obat yang baik untuk kesehatan, tanaman ini banyak mengandung vitamin mineral dan protein. Buah mengkudu diambil dari nama ilmiah yang tumbuh di kepulauan pasifik seperti di asia dan australia utara tanaman mengkudu ini bisa hidup di daerah tropis.

Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll

Mengkudu bisa mengatasi penyakit jantung, mencegah katarak, menurunkan gula darah, menurunkan diabetes,  kekebalan tubuh, anti tumor dan anti kanker. Selain banyak manfaat untuk kesehatan buah mengkudu ini mempunyai bau yang tak sedap, mengkudu juga banyak di buat jus karena mengkudu baik untuk kesehatan.

Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskula. Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung. Selain itu juga, buah mengkudu memiliki keseimnbangan yang sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida dan enzim. Nutrisi inilah yang berperang meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat lain buah mengkudu adalah dapat membantu meringankan nyeri haid pada wanita. Kandungan yang terdapat pada buah mengkudu, bisa membantu meredakan rasa nyeri tersebut. Selain itu buah mengkudu juga sangat dipercaya dapat membantu mengontrol hormon. Sehingga akan membantu meredakan gejala-gejala pada saat menstruasi. Anda bisa membuat jus mengkudu dan dikonsumsi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi. Jika anda tidak menyukai jus mengkudu, anda bisa mengkonsumsi ekstrak buah mengkudu yang sekarang sudah banyak dijual dipasaran.

**Dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?