Mengenal Eksim Kulit Kering dan Gatal

Setiap orang mungkin pernah mengalami kulit kering. Kondisi ini normal terjadi saat cuaca dingin dan berangin, kurang minum, atau malas menggunakan losion. Kulit yang kering akan membuat pemiliknya merasa kurang nyaman. Lebih dari itu, kondisi tersebut bahkan bisa menyebabkan eksim atau dermatitis atopik.

Pada eksim, kulit bukan hanya kering, tetapi juga menimbulkan gatal yang berlebihan. Lalu, timbul tanda merah atau coklat. Umumnya muncul di tangan, kaki, leher, dada bagian atas, kelopak mata, siku, dan lutut. Jika kondisi semakin parah, maka rasa gatal dapat lebih intens.

Ketika gatal, Anda mungkin tak tahan untuk menggaruk, tetapi cara ini malah bisa mengeluarkan cairan atau kerak dari kulit dan membuat kondisinya lebih buruk. Jika memiliki eksim, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan meminta krim untuk mengatasi gatal, seperti krim kortikosteroid atau krim hidrokortison.

Penyebab dan pengobatan eksim

Mengapa seseorang bisa mengalami eksim? Penyebabnya adalah pelindung kulit tidak berfungsi secara normal. Lapisan paling atas kulit tak lagi dapat menahan kelembapan dengan baik dan melindungi Anda dari hal-hal seperti iritasi, alergi, dan unsur lingkungan.

Kondisi ini bisa muncul pada anak di bawah usia lima tahun dan dapat terus berlanjut hingga remaja dan dewasa.

Eksim dapat diperburuk oleh masalah kesehatan lain seperti asma dan demam. Pemicunya bisa berasal dari debu, tungau, jamur, bulu hewan peliharaan, udara dingin dan kering, pilek, atau paparan bahan kimia pada kain dan wewangian.

Baca Juga: Mengenal dan Mencegah Koreng

Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), faktor lain yang dapat memperburuk eksim adalah mandi dalam waktu lama, mandi uap panas, dan tidak merawat agar senantiasa lembab.

Pengobatan eksim tidaklah instan, melainkan dapat diobati mulai dari pemberian pelembap dan krim semacam acrolimus (Protopic) dan pimecrolimus (Elidel) untuk membantu mengontrol reaksi kulit. Namun, krim ini dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan krim antigatal seperti salep kortikosteroid yang dapat menyebabkan kulit menipis bila terlalu sering digunakan.

Jika terdapat infeksi bakteri atau luka terbuka, dokter mungkin meresepkan antibiotik. Ada juga obat untuk peradangan atau suntik antibodi biologis bagi kondisi eksim parah.

Komplikasi dan pencegahan

Eksim yang tidak diobati dan semakin parah, dapat menyebabkan komplikasi seperti asma dan demam, serta kulit bersisik, tebal dan kasar yang disebut neurodermatitis.

Kulit yang terlalu sering digaruk juga dapat menyebabkan luka terbuka dan infeksi. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi dari bakteri dan virus, termasuk virus herpes simplex.

Untuk mencegah eksim semakin parah, Anda harus melembapkan kulit setidaknya dua kali sehari. Oleskan losion ke seluruh tubuh. Petroleum jelly juga bisa digunakan untuk membantu mencegah perkembangan eksim.

Jika eksim sudah berlangsung lama, maka cobalah untuk mengidentifikasi dan menghindari pemicu yang memperburuk kondisi. Ini bisa jadi berasal dari keringat, stres, obesitas, sabun, deterjen, atau debu. Pada bayi dan anak-anak, makanan tertentu pun bisa jadi pemicu, termasuk telur, susu, kedelai, dan gandum.

Selalu bersihkan area yang mengalami eksim dengan sabun hypoallergenic setiap hari yang diikuti dengan penggunaan krim atau losion bebas wewangian.

Anda juga jangan biasakan mandi berlama-lama. Batasi waktu mandi hanya 10 sampai 15 menit dan gunakan air hangat, bukan panas. Anda juga disarankan untuk mengeringkan diri setelah terkena air dengan perlahan.

Perhatikan bahan-bahan dalam sabun, sampo, dan deodoran karena bisa memperburuk kondisi kulit. Pilihlah produk yang memiliki sedikit wewangian, alkohol, dan pewarna.

Jangan menggunakan pakaian ketat atau berbahan kasar untuk mencegah kulit mengalami ruam. Kenakan sarung tangan pada malam hari untuk meminimalkan kerusakan kulit dari menggaruk saat tidur. Selain itu, sebisa mungkin menghindari stres fisik dan mental. Mulailah makan makanan sehat dan teratur, tidur cukup, dan bergerak untuk membuat tubuh tetap sehat dan membantu mencegah eksim makin melebar.

Konsumsi Kapsida secara rutin selama dua minggu dan rasakan manfaatnya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2019 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?