Membaca Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Siapa yang tak suka minum cokelat hangat sambil membaca buku di cuaca dingin? Jika Anda termasuk orang yang masih menikmati bergelung dalam selimut sambil membaca buku yang bagus, berarti Anda termasuk orang dengan hobi yang menyehatkan.

Ternyata membaca buku tak hanya tentang bersenang-senang, menikmati sebuah cerita, atau belajar hal-hal baru. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa hobi membaca juga bisa membuat seseorang hidup lebih lama dan lebih sehat!

Baca Juga: Tak Banyak Tahu Manfaat Bayam Ini

Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan stres dan membuat pikiran menjadi santai. Sebuah penelitian dalam The Journal of Psychosomatic Research yang diterbitkan tahun 1992 menunjukkan bahwa selain olahraga dan melakukan Tai Chi, membaca juga salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres.

Ide ini lebih lanjut didukung oleh penelitian lain pada tahun 2009 yang dilakukan oleh Dr David Lewis di University of Sussex. Penelitian baru ini menunjukkan bahwa membaca buku lebih efektif untuk meredakan stres dibandingkan mendengarkan musik, bermain video game, atau bahkan berjalan-jalan.

Penelitian dalam jurnal Neurology mengungkap bahwa orang yang memiliki kebiasaan membaca berisiko lebih rendah untuk mengalami kepikunan. Mereka juga memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan orang lain seusianya yang tidak membaca. Hasil ini ditemukan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap 300 orang. Peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan kegiatan yang melatih kognitif seperti membaca memiliki risiko kepikunan 30 persen lebih rendah. Sementara orang yang tidak melakukan kegiatan yang melatih kognitif seperti membaca memiliki risiko terkena masalah otak hingga 50 persen.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Pepaya Ini Sobat Kapsida?

Sebuah penelitian yang ada dalam National Academy of Sciences menunjukkan bahwa orang yang jarang menggunakan kemampuan kognitif mereka berkemungkinan lebih besar terkena penyakit Alzheimer. Otak, seperti organ tubuh lain, juga butuh dilatih agar tetap sehat dengan kegiatan yang merangsang otak seperti membaca atau bermain catur.

Membaca juga bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan lebih lelap. Sebuah penelitian mengungkap bahwa insomnia seringkali disebabkan oleh stres. Untuk mengurangi stres, sebelum tidur peneliti menyarankan untuk membaca buku terlebih dulu. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih tenang dan lebih mudah untuk terlelap.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh kebiasaan membaca untuk tubuh dan pikiran. Melatih pikiran sama pentingnya dengan melatih fisik. Lakukan kebiasaan membaca untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang tersembunyi di dalamnya.

Dengan membaca buku dapat memberikan andil untuk meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat, berbagai macam hal yang telah kita baca. Misalnya saja karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, maupun berbagai macam unsur atau plot dari setiap alur cerita. Setiap memori dapat membantu untuk menempa jalur otak serta memperkuatnya. Selain itu juga dengan melakukan kegiatan membaca dapat menstabilkan suasana hati seseorang.

Dengan membaca buku dapat membantu latihan otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio. Seorang presiden direktur dari riset Haskins Laboratories yang bernama Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam sebuah buku yang kita baca dapat membantu untuk membuka jalan pikiran kita untuk lebih mengenal dunia lain, mendapatkan pemahaman yang lebih dari sebelumnya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?