Manfaat Daun Kumis Kucing

Sobat Kapsida, Pernah lihat daun kumis kucing? Manfaat daun kumis kucing ini ternyata sangat besar. Mulai dari untuk mengatasi sembelit, hipertensi, diabetes dan masalah pada saluran kencing seperti batu ginjal.

Orthosipon aristatus family Labiatae adalah nama lain dari kumis kucing. Tanaman herbal ini mengandung banyak sekali bahan kimia yang terkadung namun bahan kimia sehat lho Sob. Nah kumis kucing ini hanya dapat ditemukan didaerah tropis seperti Indonesia ini.

Kumpulan Manfaat Daun Kumis Kucing

1. Menurunkan asam urat

Jadi didalam kumis kucing ini terdapat suatu zat yang dikenal dalam dunia medis bagus dalam menurunkan asam urat zat itu dinamakan glikosida orthosiponin.

Ciri ciri penyakit asam urat ini antara lain:

  • Pada sendi terjadi kemerah merahan karena proses peradangan
  • Peradangan yang terjadi pada sendi menimbulkan rasa sakit dan ngilu pada daerah persendian

Caranya:

– Siapkan daun kumis kucing dan meniran yang masih segar

– Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih dan sisakan setengah gelas saja

– Minum rebusan daun kumis kucing tadi 3 kali dalam sehari

Baca Juga: Mengenal dan Mencegah Koreng

2. Membersikan batu ginjal

Apakah Anda termasuk dalam orang orang yang suka nahan kencing? Malas pergi ke kamar mandi karena kerjaan numpuk? Aduh jangan deh, gara gara itu senyawa senyawa yang ada pada air kencing kita akan mengendap dan akhirmnya mengkristal dan menjadi batu ginjal. Nah dengan mengkonsumsi air rebusan kumis kucing ini berguna berguna sekali untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Dari pada operasi sakit? Kalau aku sih uda pilih ini aja hehe

Caranya:

– Ambil sekitar 90 gram daun kumis kucing segar

– Rebus dengan 1 gelas air dan sisakan setengah gelas

– Minum rebusan air kumis kucing tadi sebanyak 3 kali dalam sehari

3. Membantu mengatasi keputihan

Untuk para mbak mbak dan ibu ibu yang bermasalah dengan keputihan, ternyata manfaat daun kumis kucing ini juga bisa untuk mengatasi keputihan.

Caranya:

– Siapkan daun kemangi dan daun kumis kucing  sebanyak satu genggam yang masih segar

– siapkan juga 1 sendok teh biji jinten hitam  dan 10 biji kemukus

– Tambahkan air secukupnya

– Rebus semua bahan tersebut kedalam air sampai mendidih

– Minum rebusan kumis kucing tadi setidaknya 2 kali dalam sehari

4. Mengatasi rematik

Penyebab pasti dari rematik ini belum sepenuhnya diketahui. Tapi dari beberapa gejalanya, rematik ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus, keturunan dan usia.

Ciri ciri dari rematik ini diantaranya:

– Nyeri pada daerah sendi

– Otot menjadi kaku

– Sendi seperti gemeretak

– Terkadang disertai kejang

Cara pengobatan:

– Siapkan 5 lembar daunkumis kucing dan daun meniran segar

– Rebus dengan 3 gelas air sampai bersih

– Tunggu sampai dingin kemudian minum 1/2 gelas sebanyak 3 kali sehari

5. Mengobati batuk

Rasanya kalau lagi jaman liburan gitu nggak enak banget kan kalau sakit yang namanya batuk pilek. Nggak bebas gitu buat kuliner, makan junk food, gorengan atau bahkan makan yang kering kering karena akan memperparah kondisi kita.

Tapi nggak usah khawatir, karena manfaat daun kumis kucing ini salah satunya untuk membantu mengatasi batuk.

Caranya:

– Siapkan daun kumis kucing segar sebanyak 10 sampai 20 gram

– Rebus dengan segelas air sampai mendidih

– Minum 1 gelas rebusan daun kumis kucing sebanyak 3 kali sehari

6. Mengatasi masuk angin

Sudah mulai masuk angin? Butuh yang hangat hangat kan ya? Perut pasti nggak enak banget isinya angin semua lalu kembung. Sudah gitu terus juga merasa hawa disekeliling kita itu dingin banget. Beberapa hari yang menyiksa akan menghantui anda teman! Saya sarankan untuk membuat rebusan daun kumis kucing secepatnya sebelum negara api menyerang.

Caranya:

– Siapkan daun kumis segar secukupnya

– Rebus dengan segelas air sampai mendidih dan sisakan 1/2 gelas

– Minum sebanyak 3 kali sehari

Baca Juga: Merasakan Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya!

7. Membantu mengatasi sembelit

Sembelit ini bisa terjadi karena kita jarang mengkonsumsi makanan yang berserat. Selain itu, kurang asupan cairan dan juga olahraga juga dapat menyebabkan sembelit.

Cara mengatasi sembelit diantaranya:

  • Cukup asupan cairan
  • Cukup asupan makanan tinggi serat
  • Olahraga teratur

Cara mengatasi smebelit dengan daun kumis kucing:

– Rebus beberapa lembar daun kumis kucing

– Minum rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari

8. Mengatasi diabetes

Diabetes ini semakin marak terjadi, kenapa demikian? Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama pencetus diabetes selain karena faktor genetik atau keturunan.

Ciri utama dari diabetes ini antara lain:

  • Sering merasa haus sehingga banyak minum
  • Banyak makan tapi tubuh tidak gemuk
  • Banyak berkemih
  • Jika terjadi luka akan sangat sulit untuk sembuh

Cara mengobati:

– Ambil 15 lembar daun kumis kucing segar

– Rebus dengan air sebanyak 2 gelas dan sisakan 1 gelas

– Minum 1 kali sehari

9. Mengatasi sakit pinggang

Caranya:

  • Rebus daun kumis kucing beserta akarnya
  • Minum setidaknya 1 kali dalam sehari

10. Mengatasi hipertensi (darah tinggi)

Caranya:

– Seduh 50 gram daun kumis kucing kering dan 50 gram daun kumis kucing segar dengan air panas

– Campur keduanya dan minum minimal 1 kali dalam sehari

11. Mengobati alergi

Caranya:

– Siapkan daun kumis kucing, daun meniran, daun sambiloto sebanyak 2 genggam

– 2 ruas temulawak

– Rebus dengan 4 gelas air dan sisakan setengahnya  atau 2 gelas

– Minum  1 gelas sebanyak 2 kali sehari

Nah Sobat Kapsida, itu adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan kumis kucing ajaib ini, tapi inget jangan kumis kucing anda yang dipotong dan direbus tetapi daun kumis kucing ya. Ternyata besar juga ya manfaat daun kumis kucing ini.

Sumber: wartamedika.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?