Makan Ikan Memiliki Manfaat Untuk Kulit

Mengkonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, sekitar 230 gram, dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes. Namun, selain baik untuk kesehatan, apakah makan ikan juga menguntungkan untuk kecantikan kulit?

Jawabannya adalah IYA. Makan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi seperti tuna, tongkol, herring, mackerel, salmon, dan teri akan meningkatkan penampilan kulit.

Baca Juga: Ternyata Kulit Manggis Dapat Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ada tiga jenis asam lemak yaitu alpha-linolenic acid (ALA), docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Minyak ikan diketahui mengandung DHA, yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan fungsi otak; serta EPA, yang diyakini melindungi kulit dan memerangi keriput. Mendapatkan dosis EPA yang cukup dapat mencegah kerusakan dari matahari, menurut sebuah studi dalam Journal of Lipid Research 2005.

Studi ini menemukan paparan sinar UV melepaskan enzim tertentu yang merusak kolagen, jaringan ikat yang menjaga kulit tetap kenyal, yang mengarah pada timbulnya kerut dan kulit kendur.

EPA diketahui mampu memblokir pelepasan enzim ini, sehingga memperlambat proses penuaan kulit. Dan karena berfungsi pula sebagai antioksidan dan agen anti-inflamasi, EPA juga mampu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperbaiki kerusakan kulit. Bagi mereka yang memiliki gangguan kulit, asam lemak omega-3 bisa membantu meringankan kondisi tersebut.

Penelitian menunjukkan pasien dengan kulit yang peka terhadap matahari mengalami penurunan sensitivitas setelah mengambil suplemen minyak ikan, meskipun bukan berarti menjadi pengganti tabir surya. Pasien psoriasis juga dapat memperoleh keuntungan dari diet yang kaya ikan.

Baca Juga: Ikan dan Manfaatnya

Sebuah penelitian kecil menemukan orang yang mengambil EPA di samping pengobatan psoriasis menunjukkan perbaikan lebih besar dibandingkan mereka yang menjalani pengobatan saja. Namun, ikan tidak hanya mengandung omega-3. Ikan laut juga kaya selenium, mineral yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat mencegah dari berbagai gangguan dari kolesterol tinggi hingga masalah tiroid.

Meskipun beberapa studi telah mengisyaratkan suplemen selenium dapat mencegah kanker, termasuk kanker kulit, masih diperlukan bukti lebih kuat. Diharapkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis selenium yang sesuai untuk Anda.

Merawat Kulit dengan Produk Perawatan Kulit Berkualitas

Selain memastikan asupan makanan bergizi seperti mengkonsumsi cukup ikan, merawat kecantikan dan kesehatan kulit juga bisa dilakukan dengan memilih produk perawatan kulit berkualitas.

Selain berkualitas, produk tersebut juga harus aman dan terbebas dari berbagai bahan berbahaya seperti merkuri dan hydroquinone. Kapsida terbuat dari bahan rempah alami sehingga aman untuk siapa saja, termasuk ibu menstruasi dan menyusui. Tidak hanya itu, Kapsida juga aman untuk pria dan wanita.

Sumber: biutiva.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?