Kehebatan Air Minum untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal dapat “mengerti” berbagai metode diet. Tapi, Dr. Simon mengatakan bahwa kebanyakan besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karenanya, ia menyarankan Anda mengikuti kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah. Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi bisa tetap menjaga ginjal dalam kondisi sehat.

Penyakit ginjal ada yang disertai dengan penurunan fungsi ginjal dan tidak. Pada orang yang fungsi ginjal menurun, kebutuhan asupan air minumnya ternyata lebih sedikit dibanding orang yang fungsi ginjalnya masih baik.

Dokter spesialis penyakit dalam-konsultan ginjal dan hipertensi Parlindungan Siregar menjelaskan, penyakit ginjal dibagi lima stadium. Pada stadium 4-5 atau stadium yang sudah parah, pasien harus menjalani cuci darah secara rutin.

Baca Juga: Pola Makan Sehat, Seperti Apa?

“Pada stadium 4-5, minum air memang dibatasi karena ginjalnya sudah enggak mampu mengeluarkan air. Kalau kelebihan air, paru-parunya kelebihan air, jadi sesak napas,” jelas Parlin di sela-sela Indonesian Hydration and Health Conference (IH2C) di Hotel JW Marriot, Jakarta

Sementara itu, pada stadium 1-3, asupan air sebenarnya tidak terlaku berbeda dengan kebutuhan sehari-hari. Menurut penelitian, dengan asupan air yang cukup, justru dapat menghambat laju penyakit ginjal kronik.

Parlin mengungkapkan, cara mudah menghitung kebutuhan air bagi mereka yang sakit ginjal stadium 1-5 adalah dengan menghitung jumlah urin, ditambah 600 ml.

“Misalnya urinnya 2000 ml. Jadi kebutuhan air per hari 2600 ml,” terang Parlin. Pasien ginjal stadium 4-5, pengeluaran urinnya tentu akan lebih sedikit. Dengan begitu, asupan air yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Parlin mengatakan, pada pasien ginjal stadium 5, produksi urin biasanya tak lebih dari 600 ml. Maka, kebutuhan air minumnya kurang dari 2 liter per hari. Berbeda dengan pasien batu ginjal.

Pada orang yang pernah terkena batu ginjal, asupan air minumnya justru harus lebih banyak per harinya. Namun, dengan catatan fungsi ginjal masih baik.

“Ada penelitian mengatakan, orang dengan bakat batu ginjal harus minum 3 liter supaya tidak terulang lagi sakit batu ginjalnya. Tapi, yang fungsi ginjalnya masih baik, ya,” kata Parlin.

Menurut nephrologist James Simon, berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, tidak ada penelitian yang membuktikan banyak minum air bisa meningkatkan fungsi ginjal. Sehingga, cukupi kebutuhan minum air putih Anda, jangan juga terlalu berlebihan.

Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau darah tinggi, dokter Anda akan rutin memeriksa fungsi ginjal sebagai cara rutin untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal.

Mengupas Kandungan Baik Kangkung

Seringkali, ginjal terpengaruh oleh kondisi medis lainnya. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan merawat tubuh Anda. Sehingga, Anda pun bisa mengurangi kesempatan atau risiko terkena penyakit ginjal.

Dr. Simon mengatakan, makan sehat, olahraga teratur dan mengontrol berat badan Anda adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun, pada intinya ginjal yang sehat seperti tubuh yang sehat

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?