7 Makanan Agar Kulit Tetap Sehat Secara Alami!

Sobat Kapsida, tahukah kamu jika paparan sinar matahari ternyata berbahaya bagi kesehatan kulit kita? Memang sih, sinar matahari kaya akan vitamin D yang baik bagi kesehatan kulit, namun itu hanya terkandung dalam sinar matahari di pagi hari, yaitu sekitar pukul 07:00 – 09:00. Sedangkan selebihnya, paparan sinar matahari justru bisa merusak jaringan kulit kita dan berbahaya bagi kesehatan kulit.

Hal ini disebabkan sinar matahari pada pukul 10:00 – 14:00 mengandung sinar ultraviolet (UV) yang bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan pada kulit kita. Radiasi sinar UV ini tak hanya bisa menembus lapisan dermis dan merusak sel-sel kulit, tapi juga bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

Saat ini memang sudah banyak tersedia lotion tabir surya (sunblock) yang bisa melindungi kulitmu dari radiasi sinar UV, tapi itu saja belum cukup ledis! Perlindungan kulit dari sinar UV tak hanya dari luar saja, tapi kamu juga perlu melakukan perlindungan dari dalam juga.

Jangan Biarkan Kulitmu Rusak Akibat Radiasi Sinar UV. Konsumsilah 7 Makanan Ini Agar Kulit Tetap Sehat Secara Alami!

Bagaimana caranya? Cukup dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat berikut ini!

Ikan Salmon

Ikan Salmon memiliki kandungan Omega 3 yang cukup untuk melawan radikal bebas dari sinar matahari. Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radiasi sinar ultraviolet yang jahat. Kandungan omega 3 nya terbilang cukup tinggi dan tentu saja sangat baik untuk dikonsumsi.

Lemak yang terkandung dalam daging ikan salmon termasuk jenis lemak yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit manusia. Rutinlah mengkonsumsi ikan salmon, setidakya 2x dalam seminggu. Kulitmu yang terbiasa terpapar oleh sinar matahari akan terjaga dan terlindungi dari dalam.

Efeknya, kulitmu jadi semakin halus meski terkena sinar matahari langsung. Kulitmu pun akan terlihat awet muda dan terhindar dari risiko penuaan dini seperti keriput dan timbulnya flek-flek hitam.

Wortel

Wortel, sayuran yang kaya nutrisi dan juga betakaroten yang bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Mungkin selama ini kamu hanya menyangka jika wortel itu bagus untuk penglihatan mata. Benar sekali! Tapi siapa sangka kalau ternyata wortel adalah salah satu sayuran yang mengandung beta-karoten yang tinggi.

Beta-karoten sendiri adalah nutrisi yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar dan radikal bebas dari sinar UV. Selain mengandung vitamin A dan beta-karoten, Wortel juga mengandung vitamin C dan berbagai mutrisi yang baik bagi kesehatan kulit.

Konsumsilah wortel yang memiliki warna oranye yang tua, karena biasanya wortel yang berwarna oranye lebih tua mengandung beta-karoten lebih banyak 3 dari yang lainnya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun (Olive oil) , kaya akan vitamin E dan berguna untuk mengurangi dampak radiasi sinar UV-B. Konsumsilah olive oil yang tidak dipanaskan secara rutin, ini akan sangat membantu melindungi kulitmu secara alami dari dalam tubuh. Kandungan akan vitamin E yang banyak berguna untuk melawan stres oksidatif dan melindungi kulitmu dari radiasi sinar UV-B.

Tambahkan minyak zaitun sebanyak satu sendok makan di atas salad favoritmu, atau juga kamu bisa menaburkannya pada sayuran matang yang sudah kamu masak.

Dark Chocolate

Dark Chocolate, mengandung antioksidan tinggi yang ampuh untuk menangkal radikal bebas. Dark chocolate baik untuk kulit. Apakah kamu suka makan cokelat? Atau mungkin kamu pernah menggunakan masker atau lulur cokelat? Ya, cokelat memang terbukti baik untuk kesehatan kulit. Tapi tidak semua cokelat lho, hanya cokelat hitam atau dark chocolate yang ternyata memiliki kandungan kakao sebanyak 70 %.

Dark chocolate ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. kandungan antioksida dan polifenolnya yang tinggi berkhasiat untuk menangkis radikal bebas dari sinar ultraviolet.

Tomat

Lycopene pada tomat berkhasiat tinggi untuk menetralisir kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
Lycopene dalam tomat ampuh melawan sinar UV. Tomat memang terkenal kaya nutrisi yang berguna untuk melindungi dan merawat kulit. Kandungan lycopene dalam tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menetralisir kembali kulit yang rusak akibat paparan sinar UV.

Mengkonsumsi tomat yang sudah diolah, seperti jus tomat, sup tomat, atau pasta tomat jauh lebih baik ketimbang mengkonsumsinya masih dalam keadaan mentah, karena tubuh akan lebih mudah menyerap lycopene . Ajaibnya juga, ternyata lycopene mengandung beta-karoten yang juga bermanfaat bagi kulit.

Perlu diingat, tomat juga mengandung vitamin C, lho! Jadi, bila mengkonsumsi tomat, kamu sudah bisa mendapatkan lycopene, beta-karoten dan juga vitamin C sekaligus.

Apel

Apel, membantu mengatur dan merawat kulit dari peradangan akibat sinar UV. Apel adalah buah yang mengandung polifenol (polyphenol) paling banyak di antara buah lainnya. Polifenol sendiri adalah senyawa kimia yang terkandung dalam buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Polifenol juga berperan melindungi sel kulit dari kerusakan atau peradangan akibat radikal bebas, mengurangi stres oksidatif. Mengkonsumsi buah apel secara rutin setiap hari sangatlah membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu memperkuat sistem imun dalam tubuhmu.

Brokoli

Brokoli, mengandung polifenol dan sulforaphane tinggi dan berkhasiat untuk memperkuat sel kulit. Sama seperti buah apel. Brokoli juga mengandung polifenol paling tinggi dibandingkan sayur-mayur lainnya. Brokoli juga dinilai sangat tangguh dalam melawan peradangan kulit akibat paparan sinar UV. Selain itu, senyawa yang terkandung dalam brokoli, yaitu sulforaphane telah dibuktikan mampu mengaktifkan sistem pertahanan kulit pada saat kita terpapar sinar UV.

Nah, Itulah tadi beberapa makanan yang bisa membantu melindungi kulitmu dari paparan sinar ultraviolet. Perlu untuk selalu diingat, perawatan dan perlindungan terhadap kulit tak selalu dari luar saja lho! Kamu juga butuh perlindungan secara alami dari dalam tubuh, karena selain sehat untuk kulit, makanan-makanan sehat seperti di atas juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuhmu! Terus jaga kesehatan kulit dan tubuhmu ya, Sobat Kapsida!

**Dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?