Permasalahan Kulit Saat Hamil

Stretch Mark

Ibu hamil akan mengalami perubahan bentuk tubuh termasuk perubahan kondisi kulit seperti timbulnya stretch mark di bagian perut, pinggul, paha. Stretch mark merupakan tanda parut berupa gurat-gurat putih yang muncul pada permukaan kulit, berbentuk garis berliku seperti anak sungai.Kebanyakan ibu hamil mengalami stretch mark menjelang persalinan. Tetapi untuk sebagian wanita, stretch mark bisa juga muncul karena kenaikan berat badan saat hamil. Stretch mark juga disebabkan oleh faktor genetik. Saran untuk ibu hamil, sebaiknya jangan menggaruk kulit di seputar perut, pinggul, dan paha  ketika mengalami stretch mark.

Jerawat

Beberapa ibu hamil seringkali mengeluhkan tumbuhnya jerawat di wajah lebih banyak daripada sebelumnya. Bahkan ada juga dari perempuan yang sebelum hamil tidak  pernah berjerawat tetapi ketika hamil, wajahnya dipenuhi jerawat.

Hal ini wajar saja, karena selama hamil terjadi perubahan hormon termasuk perubahan kulit yang menimbulkan jerawat. Stres saat kehamilan juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat selama kehamilan. Meski terlihat ringan tapi jangan menganggap enteng jerawat yang muncul. Waspadai bila jerawat memerah dan bernanah karena bisa menimbulkan kuman dan infeksi kulit.

Selulit

Saat hamil tubuh akan semakin membesar seiring dengan usia kehamilan. Kenaikan hormon menyebabkan kulit menyimpan lebih banyak lemak untuk melindungi janin agar tidak terjadi penumpukan lemak. Selulit biasanya menyebabkan kulit di area kaki terlihat bergelombang, bertekstur dengan bentuk seperti kulit jeruk.

Kulit Gatal

Kalau tiba-tiba ibu hamil merasa gatal di seluruh bagian tubuh dan khususnya daerah perut, payudara dan pusar. Jangan khawatir rasa gatal yang dialami selama kehamilan adalah hal yang wajar dan dialami oleh kebanyakan ibu hamil.

Rasa gatal ini bisa muncul kapan saja, mulai dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Mitos yang sering didengar kalau rasa gatal dirasakan di area perut, menandakan bayi mulai tumbuh rambut. Tapi itu hanya mitos belaka, karena rasa gatal yang muncul kulit yag meregang menyesuaikan bentuk perut yang semakin membesar. Akibatnya kuling menjadi lebih kering dan muncul iritasi di bagian lipatan tubuh karena pergesakan kulit. Hal ini disebabkan oleh kenaikan berat badan ibu.

Kulit Jadi Lebih Gelap

Perubahan kulit yang juga banyak dialami oleh ibu hamil adalah kulit terlihat lebih gelap di sekitar perut sekitarnya. Garis hitam akan muncul pada trimester kedua akibat perubahan hormon selama kehamilan yang meningkatkan produksi melanin.

Mitos mengatakan ibu hamil yang terlihat lebih gelap kulitnya diyanikini memiliki anak lelaki. Padahal pada kenyataannya munculnya garis hitam atau yang disebut dengan linea nigra ini karena adanya indikasi otot-otot perut yang tertarik akibat semakin besarnya rahim dan bentuk perut selama hamil. Jangan khawatir, biasanya garis hitam ini akan hilang sendirinya hingga pasca persalinan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?