Inilah Macam-Macam Bisul yang Perlu Sobat Kapsida Ketahui

Macam-macam jenis bisul terbagi menjadi dua yaitu berdasarkan penyebaran dan berdasarkan penyebabnya. Untuk jenis bisul berdasarkan penyebaran dibagi menjadi dua yaitu furunkel dan karbunkel. Sementara jenis bisul berdasarkan penyebabnya terbagi menjadi empat yaitu furunkel/karbunkel, cystic acne, hidradenitis suppurativa dan pilonidal cyst.

Jenis bisul berdasarkan penyebarannya pertama yaitu Furunkel. Furunkel atau bisul tunggal adalah sejenis bisul yang tumbuh sendiri dan berbentuk seperti gunung berapi dan berisi nanah yang terkonsentrasi di satu lokasi. Bentuk awal dari furunkel berupa tonjolan keras berwarna merah yang berisi nanah. Benjolan tersebut semakin besar dan ditandai dengan adanya pustule atau titik berwarna putih atau kuning dibagian tengah. Apabila bisul jenis furunkel tumbuh di sekitar hidung, harus segera diberi obat antibiotik melalui mulut agar infeksi tidak sampai menyebar ke otak.

Yang kedua yaitu Karbunkel. Karbunkel adalah sekumpulan bisul yang tumbuh bersamaan atau berkelanjutan akibat penularan pada satu bagian tubuh dan saling tumpang tindih. Luas penampang karbunkel lebih lebar karena didalamnya terdiri dari beberapa bisul dan memiliki beberapa titik pengaliran nanah. Jenis bisul ini lebih susah disembuhkan dan lebih mudah menular ke bagian tubuh lain atau pada orang lain. Jenis bisul ini umum terjadi pada pria, penderita diabetes; gangguan fungsi kekebalan tubuh dan dermatitis. Infeksi karbunkel dapat menular dengan cepat, tidak jarang dalam satu rumah terdapat beberapa orang yang menderita karbunkel dalam waktu yang bersamaan.

Macam-macam jenis bisul berdasarkan penyebabnya, yang pertama adalah jenis Furunkel dan karbunkel. Furunkel dan karbunkel adalah jenis penyakit bisul yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Bisul jenis furunkel dan karbunkel dapat menular melalui kontak langsung, bersentuhan dan pakaian. Biasanya orang yang menderita bisul jenis ini disertai demam dan rasa nyeri yang berada di tingkat ringan hingga sedang.

Kedua yaitu Cystic acne. Cystic acne terbentuk karena tersumbatnya saluran minyak pada kulit, kemudian menjadi infeksi dan timbul peradangan hebat pada wajah. Cystic acne mempengaruhi jaringan kulit yang lebih dalam daripada jerawat biasa yang mempengaruhi jaringan kulit lebih dangkal. Cystic acne paling umum terdapat di wajah dan terjadi pada masa remaja.

Ketiga adalah Hidradenitis suppurativa. Hidradenitis suppurativa adalah suatu kondisi bisul dimana terdapat beberapa abses yang terbentuk dibawah ketiak dan juga daerah kunci paha. Bisul jenis ini disebabkan karena adanya peradangan pada kelenjar keringat. Untuk proses penyembuhan, harus dilakukan proses bedah untuk membuang kelenjar keringat yang meradang dan telah terinfeksi.

Keempat yaitu Pilonidal cyst. Pilonidal cyst adalah jenis bisul yang tumbuh ditubuh bagian bawah (sekitar pantat dan tulang ekor). Pilonidal cyst tidak menimbulkan gejala. Jika infeksi menyebabkan akumulasi nanah, maka disetiap gerakan kaki akan menimbulkan nyeri. Pilonidal cyst umumnya terjadi pada pria berambut lebat dan bisa juga terjadi pada wanita. Pengobatan dilakukan atas anjuran dokter, bisa dilakukan dengan penyayatan untuk mengeluarkan nanah, atau dalam kasus yang lebih perah harus dilakukan pembedahan untuk mengangkat kista.

 

**dirangkum dari berbagai sumber

1 Comment
  1. […] Kapsida pasti sudah tahu apa saja yang dapat menyebabkan bisul datang dan apa saja macam-macam bisul. Selain itu, Sobat Kapsida pasti sudah paham apa perbedaan antara bisul dan jerawat, sekarang sobat […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?