Ingin Lebih Sehat di Kantor? Lakukan Tips Berikut

Bekerja delapan jam di kantor pasti sangat melelahkan. Mungkin tidak selalu lelah fisik, tapi juga pikiran. Terlalu banyak duduk, terlalu stres, terlalu banyak pekerjaan setiap harinya pasti membuat baterai energi dan kesehatan Anda cepat terkuras.

Tak jarang, perilaku di kantor yang demikian akan menyebabkan Anda jatuh sakit. Ini saatnya mengubah semua kebiasaan di kantor dan memulai kebiasaan baru yang lebih sehat, agar semangat kerja terpacu dan tubuh tetap sehat.

1. Hindari lift
Ini adalah masalah yang sederhana namun kerap disepelekan. Ada baiknya untuk memilih naik tangga dibandingkan naik lift. Naik tangga juga adalah bagian dari olahraga yang bisa meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh, terutama kaki. Yang paling penting, naik tangga juga akan membantu pembakaran kalori lebih banyak, khususnya untuk Anda yang sedang diet.

Cara ini sangat cocok diadaptasi oleh karyawan kantoran yang terlalu banyak duduk saat bekerja.

2. Minum banyak air
Tumpukan pekerjaan dan deadline membuat Anda seringkali lupa minum. Tak ada waktu untuk minum, apalagi makan. Hati-hati, jangan biarkan hal ini jadi kebiasaan. Minum air dalam jumlah yang cukup justru akan membuat Anda lebih berenergi dan tak mudah lelah. Selain itu, kebiasaan sehat ini akan menjaga otak Anda tetap bekerja baik dan menghindarkan kantuk.

3. Perbanyak jalan
Jangan malas berjalan. Kebanyakan orang malas bergerak atau yang dikenal dengan istilah mager. Karena kursi yang beroda atau ada office boy yang bisa dimintai bantuan ke sana-sini, Anda pun jadi makin tak bisa lepas dari kursi.

Sadarkah Anda bahwa terlalu banyak duduk akan membuat Anda justru semakin stres dan berpikiran tak jernih? Jika sudah mulai stres, cobalah untuk berjalan-jalan sebentar, misalnya bercanda dengan kawan atau sekadar jalan-jalan di taman kantor. Tapi ingat, jangan terlalu lama, karena pekerjaan Anda tak kunjung selesai.

4. Pilih makanan sehat
Masalah umum yang kerap muncul bagi karyawan kantoran adalah sulitnya mendapatkan makanan yang sehat. Ujung-ujungnya makanan siap saji alias fast food yang jadi pilihan untuk makan siang. Mau bagaimana lagi, makanan jenis ini yang paling cepat disajikan dan cepat disantap. Padahal, makanan siap saji mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

Kuncinya adalah memilih makanan yang light, tidak terlalu banyak bumbu atau rempah. Jangan lupa, masukkan sayur dalam daftar makan siang Anda. Makanan seperti ini juga akan menjaga Anda agar tak mengantuk setelah makan siang.

5. Konsumsi teh hijau
Minum dua cangkir teh hijau akan membantu mengurangi risiko kanker. Selain itu, teh hijau memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan konsentrasi bekerja dan juga membantu mengurangi tumpukan lemak di tubuh.

6. Berkediplah lebih sering
Tanpa disadari, saat sedang berkonsentrasi bekerja, mata Anda jarang berkedip. Jarang berkedip akan membuat mata jadi lebih cepat lelah dan mengantuk.

Untuk mengatasinya, cucilah muka, atau perciki wajah dan area mata dengan air dingin. Ini akan membantu mata tetap segar dan prima. Jangan lupa, berkediplah lebih sering. Sesekali pejamkan mata lebih sering untuk mengurangi tingkat stres di otak dan di mata.

 

**Dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?