Doyan Makan Telur? Berikut Batasan Mengkonsumsinya

Kuning telur diyakini sebagai gudangnya kolesterol (Foto: iStock)

Jakarta – Banyak makan telur memang tidak bikin bisulan sebagaimana mitos yang beredar. Tetapi berlebihan mengonsumsinya memang tidak dianjutkan karena ada kandungan kolesterol di dalamnya.

Masalahnya, batas aman makan telur selama ini masih diperdebatkan. Di sisi lain, telur merupakan sumber protein yang sangat ideal dengan harga sangat terjangkau. Banyak yang penasaran, berapa banyak telur yang aman dikonsumsi dalam seminggu?

Penelitian terbaru di American Journal of Clinical Nutrition menemukan batas aman terbaru untuk mengonsumsi telur. Sebanyak 12 butir telur dalam 7 hari, disebut tidak menimbulkan efek samping, pada pasien diabetes sekalipun.

Baca Juga: Optimis Itu Bikin Sehat Lho Sobat Kapsida!

“Diet sehat berdasarkan pedoman populasi dan termasuk lebih banyak telur dari yang saat ini direkomendasikan oleh beberapa negara, mungkin aman dikonsumsi,” simpul pada peneliti, dikutip dari news.com.au.
Para peneliti menemukan bahwa penurunan berat badan tercatat sama dalam setahun pada orang dengan diet rendah telur, yakni dua butir sepekan, dibandingkan pada orang dengan diet tinggi telur yakni 12 butir sepekan. Sebanyak 7 partisipan dengan diabetes tipe 2 juga tidak mengalami efek samping seperti inflamasi, peningkatan risiko kardiometabolik dan kadar glukosa darah.

National Heart Foundation selama ini hanya merekomendasikan 6 butir telur dalam sepekan. Wah perlu direvisi nih!

Sumber: health.detik.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?