Daun Ketepeng, Resep Kuno untuk Kulit

Sobat Kapsida, tudah pernah dengar manfaat daun ketepeng? tanaman yang satu ini kaya manfaat lho. Terutama untuk segala  macam permasalahan kulit.

Daun Ketepeng atau yang juga dikenal sebagai Ketepeng Cina sudah banyak dipakai oleh nenek moyang kita. Bahkan telah menjadi sebuah resep kuno untuk mengatasi beragam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya diantaranya panu, eksema, kurap, sembelit, sariawan hingga dapat mengatasi cacing kremi.

Ketepeng Cina adalah salah satu jenis tanaman yang asalnya dari daratan Amerika tropik. Tanaman ini memiliki nama latin Cassia alata, Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia dan punya banyak sekali manfaat. Bahkan mungkin bisa dikata tanaman ini cukup mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Daun ketepeng telah diteliti oleh para ahli herbal, rupanya ketepeng cina mengandung banyak senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, beberapa diantaranya  adalah; Rein aloe-emodina, reinaloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, asam krisofanat, dan tanin.

Ketepeng cina adalah salah satu tanaman perdu. Di negeri kita tanaman ini seringkali dipakai sebagai tanaman perindang atau tanaman penyejuk. Adapun Ciri-ciri tanaman ini punya daun yang besar bentuk bulat telur yang saling berhadapan. Bunga mahkota berwarna kuning di bagian bawah. Bentuk buahnya polong bersayap pipih warna hitam.

Bagian tanaman ketepeng yang banyak dipakai untuk obat herbal ialah bagian daun. Sifat khas dari daunnya yakni ada rasa pedas, hangat sehingga bisa berfungsi untuk insektisidal, dapat mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, sampai obat kelaianan kulit yang diakibatkan oleh parasit kulit.

Ketepeng Cina memiliki beberapa nama-nama sendiri di Indonesia, setiap daerah memiliki istilah nama yang berbeda-beda, diantaranya ialah: Seven golden candlestick (Inggris), Ketepeng Badak (Sunda), Ketepeng Kebo (Jawa), Acon-aconan (Madura), Tabankun (Tidore), Sajamara (Halmahera), Kupang-kupang (Ternate).

Daun ketepeng cina mengandung zat samak serta bersifat sebagai laksatif. Selain itu, tanaman ini juga memiliki rasa pedas, hangat, insektisidal, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit. Efek farmakologi terutama didapat dari daunnya.

Cara memanfaatkannya: Daun ketepeng cina muda dan segar sebanyak tujuh lembar dididihkan dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Angkat, saring, dan minum.

 

**dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?