Daun Dewa Kaya Manfaat

Indonesia adalah surga bagi tanaman obat. Banyak sekali varian tanaman obat yang tumbuh di Indonesia. Sejak zaman dahulu, negara ini terkenal dengan keanekaragaman hayati yan dimiliki. Beriklim tropi membuat beberapa tanaman obat tumbuh subur. Suatu keuntungan besar bagi masyarakatnya.

Salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat adalah daun dewa? Sobat Kapsida sudah tahu manfaat tanaman yang satu ini?

Tumbuh di daerah dengan ketinggian 200-800 meter di atas permukaan air laut (dpl), daun dewa berkembang biak dengan umbi atau stek batang.  Tak jarang bila penanganan tidak tepat, daun dewa bisa saja terserang hama. Salah satu hama yang sering menyerang daun dewa adalah kutu putih. Upaya pengendalian hama dapat menggunakan pestisida alami atau pestisida nabati.

Kita dapat membuat sendiri pestisida nabati menggunakan daun mimba, akar tuba, dan tembakau. Dengan cara ditumbuk halus, lalu direndam air dan dibiarkan semalaman. Keesokan harinya ramuan tersebut disaring, kemudian dilarutkan dengan air hangat. Hasilnya disemprotkan pagi atau sore hari ketika cuaca cerah, tidak hujan, yang akan menghilangkan khasiat pembasmi hamanya. Hindari penyemprotan pada siang hari, karena sinar matahari yang terik dapat menguraikan bahan aktif pestisida organik tersebut.

Mengobati luka. Hasil tumbukan umbi daun dewa yang telah dicampur dengan sedikit gula merah hingga teksturnya menyerupai salep dapat digunakan sebagai obat luka, seperti luka bakar maupun karena goresan. Gunakan salep tersebut pada bagian yang sakit lalu perban dengan kain yang bersih. Selain itu, khasiat dari tanaman ini juga dapat mengobati luka memar. Caranya adalah dengan cara menerapkan hasil tumbukan beberapa lembar daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan beberapa lembar dau jarak pada luka memar.

Mengobati gagilon. Secara anatomi ganglion merupakan bongkahan jaringan biologis yang dibentuk oleh sel-sel saraf pada tubuh. Ganglion merupakan sejenis kista yang biasanya muncul pada tangan atau kaki. Cara mengobati ganglion secara alami adalah dengan rutin mengkonsumsi manfaat daun dewa setiap harinya. Misalnya saja dipakai untuk lalapan.

Mengobat wasir. Khasiat lain dari tanaman daun dewa adalah dapat mengobati wasir atau yang biasa kita kenal dengan ambien. Cara meramunya adalah minum rebusan bagian daun tanaman ini dengan campuran daging tanaman lidah buaya dan sedikit manfaat madu. Namun apabila wasir telah parah, ambil beberapa lembar daun tanaman daun dewa, lalu remas untuk mengeluarkan getahnya, dan masukkan ke dalam anus.

Menghilangkan flek hitam pada wajah. Flek hitam merupakan gangguan kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum hawa. Meremas daun tanaman daun dewa dan mengambil getahnya untuk dioleskan pada bagian yang terkena flek, dapat membantu mengatasinya.

Bagaimana Sobat Kapsida, sudah tahu kan manfaatnya daun dewa?

**dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?