Catat! Ini Perbedaan Bisul dan Jerawat

Mempunyai kulit wajah indah menimbulkan pesona tersendiri. Mempunyai kulit mulus bukan berarti tidak ada kemungkinan terkena bisul dan jerawat. Sebelum kulit Sobat Kapsida terkena bisul dan jerawat, ada baiknya untuk mengetahui apa perbedaan bisul dan jerawat.

Sebelum mengetahui apa perbedaan bisul dan jerawat, Sobat Kapsida perlu membaca apa saja penyebab datangnya bisul dan jenis-jenis jerawat.

Tidak semua orang mengetahui apa perbedaan bisul dan jerawat. Karena kita sering kali terjebak dengan masalah benjolan besar yang sangat mengganggu aktivitas dan penampilan sehari-hari. Benjolan tersebut banyak yang mengatakan jerawat, tidak sedikit yang bilang itu adalah bisul.

Sobat Kapsida perlu tahu kalau Jerawat itu biasanya disebabkan oleh komedo yang menyumbat, tapi belum tentu ada infeksi. Jadi penyebab jerawat selalu dari komedo.

Komedo timbul akibat menyumbatan minyak di pori-pori kulit. Biasanya komedo ini menyerang daerah T wajah, yaitu dahi bagian atas alis, hidung serta dagu. Kenapa ya di bagian ini? Hal ini dikarenakan bagian T wajah adalah bagian dimana kelenjar minyak banyak aktif berproduksi. Maka tidak mengherankan jika di daerah ini, wajah sering sekali berminyak. Komedo sering juga disebut sebagai jerawat ringan. Hal ini dikarenakan komedo tidak mengalami peradangan seperti jerawat. Saat komedo diangkat, bentuknya biasanya berbentuk gumpalan kecil berbentuk bulat berwarna putih kekuningan. Komedo juga sering disebut sebagai jerawat kering. Hal ini dikarenakan biasanya pada proses pembentukan jerawat tidak melibatkan bakteri, sehingga tidak terjadi infeksi seperti nanah. Itulah mengapa komedo sering juga disebut jerawat kering.

Sedangkan bisul terjadi akibat infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri. Jika terdapat nanah dan benjolan yang ada cukup besar ukurannya, itu adalah bisul.

Gejala awalnya berbentuk bulat seperti jerawat tanpa nanah namun lama kelamaan akan berubah menjadi kemerahan dan memiliki puncah nanah berwarna putih. Puncak nanah berwarna putih ini adalah sel darah putih dan protein yang sedang melawan bakteri Staphyloccocus Aureus.

Bisul akan merembet ke jaringan kulit disekitarnya. Maka tidak heran biasanya bisul ini sering terasa nyut-nyutan, dan tubuh pun merasa demam. Kalo Sobat Kapsida mengalami bisul jangan dimainkan dengan jari atau jarum yang tidak steril. Lebih baik  periksa ke dokter, terutama bagi penderita diabetes atau gula, biasanya abses ini bisa jadi salah satu pertanda bahwa kadar gula Sobat Kapsida sedang tinggi naik.

Bisul muncul akibat adanya kuman dan bakteri, masuknya bisa jadi dari luar tubuh, misalnya mungkin dengan bersentuhan langsung, rambut, atau bisa juga misalnya habis dipijit di tempat yang tak bersih. Tempat-tempat yang tak bersih bisa menjadi penyebab munculnya bisul.

Sebenarnya tidak semua bisul pasti bernanah, namun bisa dipastikan setiap bisul mengalami peradangan di dalamnya. Peradangan inilah yang kemudian mengeluarkan kotoran dan menyebabkan jaringan kulit yang meradang jadi rusak. Inilah cikal bakal dari nanah, sehingga dapat dipastikan nanah itu merupakan jaringan-jaringan rusak yang banyak mengandung bakteri.

Hal ini perlu diketahui agar Sobat Kapsida yang memiliki bisul tidak asal pencet dan menyebabkan bisul atau jerawatnya justru tak kunjung sembuh atau malah memburuk.

Bagaimana sobat Kapsida, sudah tahu kan apa perbedaan bisul dan jerawat?

**dirangkum dari berbagai sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?