7 Kebiasaan Sehat untuk Turunkan Tekanan Darah

KOMPAS.com – Perubahan gaya hidup adalah langkah penting untuk menurunkan tekanan darah. Baik bagi mereka yang sudah didiagnosis hipertensi, masih prahipertensi, atau punya tekanan darah normal – kebiasaan sehat sehari-hari ini mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Selain itu, kebiasaan berikut juga membantu menurunkan risiko serangan jantung akibat hipertensi yang memburuk, sekaligus menunda, menghindari, atau mengurangi kebutuhan kita untuk mengonsumsi obat hipertensi.

Apa saja kebiasaan sehat yang bisa menurunkan tekanan darah?

1. Aktif bergerak

Ilustrasi berjalan di tanggaspukkato Ilustrasi berjalan di tangga

Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah. Jangan beralasan tidak punya waktu, karena olahraga sebenarnya sangat mudah dilakukan. Misalnya saat bertemu dengan teman, mengobrolah sambil jalan-jalan di taman atau museum.

Kita juga bisa naik ke ruang kelas atau kantor lewat tangga, bukan eskalator atau lift. Ketika jalan-jalan di mal, jangan hanya diam di eskalator. Panjat tangganya seolah naik tangga biasa.

Baca juga: Cara Herbal Ini Dapat Menyembuhkan Gatal

2. Turunkan berat badan

Ilustrasi menimbang berat badanPhotodisc Ilustrasi menimbang berat badan

Nah, selain olahraga, mengurangi berat badan juga efektif untuk menurunkan tekanan darah. Jadi kalau trik-trik olahraga tadi belum cukup ampuh untuk mengurangi berat badan, coba olahraga yang lebih intens. Misalnya latihan di gym, jogging, bersepeda, berenang, atau yoga.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

3. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok

ilustrasi rokokshutterstock ilustrasi rokok

Berhentilah merokok demi tekanan darah normal. Kurangi jumlah rokok setiap hari sampai bisa berhenti merokok sepenuhnya.

Bagi yang tidak merokok, jauhi asap rokok untuk mencegah efek kesehatan akibat menjadi seorang perokok pasif.

4. Cermati label makanan

Ilustrasi membaca label makananRyan McVay Ilustrasi membaca label makanan

Kurangi makanan yang tinggi natrium dan terlalu asin dari makanan sehari-hari. Caranya sederhana, baca informasi gizi yang tertera pada label makanan.

Tanpa sadar, makanan kemasan cenderung mengandung banyak natrium. American Heart Association mencatat bahwa roti, daging kemasan, dan sup kaleng ternyata cukup tinggi natriumnya.

5. Masak sendiri di rumah

Ilustrasi memasak makanan sehatDragonImages Ilustrasi memasak makanan sehat

Kebiasaan masak sendiri di rumah sangat penting kalau ingin menurunkan tekanan darah, karena kita bisa memastikan bahwa makanan yang dimasak adalah bahan makanan berkualitas dan bergizi.

Makanan yang dibuat di pabrik diproses sedemikian rupa supaya daya simpannya lama. Seratnya akan diambil, ditambahkan beragam zat kimia, serta diberikan garam, lemak, dan gula tambahan.

Mulai sekarang, biasakan masak di rumah daripada beli di luar. Coba dulu resep-resep yang simpel dan disukai supaya acara masak jadi seru.

6. Makan buah dan sayur

Ilustrasi buahfirina Ilustrasi buah

Buah dan sayur kaya akan serat pangan, vitamin, kalium, antioksidan, dan magnesium. Jadi, pola makan yang kaya buah dan sayur bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa makan banyak buah bisa mencegah kita mengalami hipertensi di kemudian hari.

7. Mengelola stres

Ilustrasi kebahagiaanlzf Ilustrasi kebahagiaan

Stres berat akan mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah naik, meskipun hanya sementara.

Namun, stres bisa memicu beragam kebiasaan tidak sehat penyebab hipertensi. Misalnya makan kebanyakan, begadang, kecanduan rokok, atau minum minuman alkohol berlebihan.

Karena itu, kelola stres sebaik mungkin. Misalnya dengan berolahraga, curhat ke sahabat terdekat, liburan sejenak, atau menenangkan pikiran dengan teknik pernapasan dalam.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2019 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?