5 Fakta Menarik Tentang Kekebalan Tubuh

Semua orang mengenal kekebalan tubuh sebagai salah satu sistem kompleks yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kekebalan tubuh yang kuat akan membuat tubuh terlindung dan tetap sehat. Meski begitu, seringkali sistem kekebalan tubuh dipenuhi dengan mitos dan fakta yang tak benar.

Masih banyak fakta mengenai kekebalan tubuh yang tak diketahui oleh orang. Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar sistem kekebalan tubuh yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir oleh Health Me Up (20/05/11).

1. Emosi dan kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh bisa menurun atau meningkat hanya karena hal yang dianggap remeh seperti rasa sedih. Sebuah penelitian di State University of New York menemukan bahwa merasa sedih bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kejadian positif yang dialami juga akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Baca Juga: Optimis Itu Bikin Sehat Lho Sobat Kapsida!

2. Sistem kekebalan tubuh dan seks
Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di Wilkes University, Pennsylvania menemukan bahwa melakukan hubungan seksual bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena melakukan hubungan seks bisa meningkatkan suplai IGA, protein dalam sistem kekebalan tubuh yang menangkal zat patogen agar tak bisa masuk ke dalam tubuh.

3. Sabun antibakteri
Saat ini ada banyak sabun atau gel antibakteri yang dijual di pasaran. Jika Anda berpikir bahwa segala macam sabun antibakteri itu bisa melindungi tubuh Anda dari bakteri dan kuman, Anda salah. Penelitian mengungkap bahwa terlalu sering mencuci tangan dengan sabun justru mengurangi minyak alami kulit yang menjadi pertahanan pertama sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, terlalu sering mencuci tangan justru akan membuka pintu bagi kuman-kuman untuk masuk ke dalam tubuh.

4. Sup ayam untuk tingkatkan kekebalan tubuh
Sup ayam diketahui sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, seringkali orang zaman dulu menyarankan untuk mengonsumsi sup ayam ketika sakit flu. Namun ternyata kepercayaan ini didukung secara ilmiah. Peneliti menemukan bahwa daging ayam dan sayuran dalam sup ayam bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya membantu menyembuhkan flu.

Baca Juga: Tak Banyak Tahu Manfaat Bayam Ini

5. Stres dan kekebalan tubuh
Sekali lagi, sistem kekebalan tubuh bisa dipengaruhi oleh hal yang dianggap tak berkaitan sama sekali, seperti stres. Stres bisa merusak kekebalan tubuh dalam banyak cara. Sistem kekebalan tubuh tak hanya dipengaruhi oleh kesehatan fisik, tetapi juga mental. Untuk itu, menjaga pikiran tetap tenang sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, terutama menjaga kekuatan sistem imun.

Itulah beberapa fakta menarik seputar kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kesehatan mental dan pikiran. Dengan mengetahui fakta di atas, Anda semakin mengenali sistem kekebalan tubuh yang menjaga Anda dari berbagai penyakit.

Sumber: MERDEKA.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?