10 Khasiat Daging Kambing untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi daging. Selain daging sapi, banyak yang menyukai daging kambing. Selain banyak kandungan gizi yang terkandung di dalamnya, daging kambing juga banyak manfaatnya untuk kesehatan lho Sob. Apa saja itu? Berikut 10 khasiat daging kambing untuk kesehatan:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Apakah kamu sering mendengar orang berkata daging kambing dapat meningkatkan kolesterol? Itu sebenarnya adalah anggapan yang salah. Karena sebenarnya setiap 100 gram daging kambing hanya mengandung 1 gram kolesterol.

Daging kambing tidak akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, malahan daging merah ini membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah arteroklerosis, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi.

  1. Mencegah kanker

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi. kandungan kolin dan selenium tersebut dapat menangkal serangan kanker mamatikan dalam organ tubuh kita.

Selain itu, daging kambing juga termasuk daging yang mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA). Dimana kandungan asam tersebut mampu mencegah adanya peradangan penyebab kanker dan tumor ganas.

  1. Menurunkan berat badan

Siapa yang ingin berat badannya turun? Jika kamu salah satunya, maka konsumsilah daging kambing secara rutin. Daging merah satu ini mengandung protein tinggi dengan lemak cukup rendah. Sehingga akan membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas atau kegemukan.

Tidak hanya sampai disitu saja, konsumsi daging kambing ternyata juga bisa meningkatkan metabolisme pembakaran dalam tubuh kita lho. Mengingat daging ini mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk membantu pembakaran kalori dan lemak.

  1. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat terjadi karena zat besi dalam tubuh mengalami penurunan. Manfaat daging kambing selanjutnya adalah meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) tersebut.

Kandungan zat besi dalam daging kambing cukup tinggi, bahkan bisa dibilang lebih tinggi dari pada kandungan zat besi dalam telur yang notabenya sudah terkenal sejak dulu.

  1. Mencegah bayi lahir cacat

Masih terkait khasiat daging kambing untuk anemia, kandungan zat besi tersebut dapat juga mencegah bayi lahir cacat. Hal ini terjadi karena kandungan zat besi tersebut mampu mencegah anemia pada bayi dan ibu hamil. Sehingga pertumbuhan janin tersebut akan berjalan secara optimal.

Untuk mendapatkan manfaat daging kambing bagi ibu hamil diatas, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin mulai dari masa kehamilan 3 bulan pertama. Selain mencegah bayi lahir cacat, kandungan mineral alami lainnya juga dapat mengoptimalkan suplai darah dari ibu ke janin.

  1. Mengurangi nyeri saat haid/menstruasi

Biasanya para wanita yang sedang mengalami haid, mereka akan merasakan nyeri yang begitu dahsyat. Nyeri tersebut sebenarnya wajar, mengingat ketika haid zat besi dari tubuh banyak terbuang.

Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa nyeri, kamu bisa mengonsumsi daging kambing secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat terpenuhi secara optimal.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daging kambing selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Daging kambing tidak hanya mengandung vitamin B, kolin, dan selenium saja, tetapi daging tersebut juga mengandung vitamin B12 cukup tinggi.

Menurut para ahli, kandungan vitamin B12 akan membantu menjaga kesehatan kulit kita. Mulai dari menjaga kekencangan kulit, mengatasi panu, menghilangkan bulu, dan masih banyak lagi.

  1. Mencegah autisme, stres, dan depresi

Daging kambing mengandung senyawa omega 3 yang cukup tinggi, kandungan tersebut tersinergi secara sempurna bersama dengan vitamin B12. Omega 3 bermanfaat untuk mencegah anak autis. Karena salah satu kandungan gizi daging kambing tersebut mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat/otak pada anak.

Sedangkan kandungan vitamin B12, sangatlah baik untuk menenangkan pikiran dan mengatasi stres/depresi berat.

  1. Mencegah penyakit stroke dan ginjal

Manfaat daging kambing untuk pencegah stroke dan ginjal sebenarnya sangatlah besar, tetapi banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Manfaat ini dapat muncul disebabkan karena daging tersebut mengandung kalium yang tinggi, serta kandungan sodium dan natrium yang rendah.

Kalium akan membantu melarutkan sodium dan natrium dalam tubuh. Dimana penimbunan natrium dan sodium ini biasanya menimbulkan stroke dan penyakit batu ginjal.

  1. Sumber energi yang cukup besar

Lemak, protein, dan kalori dalam daging kambing lumayan tinggi. Kandungan ini akan membuat tubuh kita tetap fit selama menjalani aktivitas sehari-hari. Menariknya lagi, kandungan protein yang tinggi dari daging tersebut juga bermanfaat untuk membantu mengontrol berat badan secara optimal.

Sumber: cantikitu.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© 2020 PT. Kembang Bulan. All right reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?