- research and development kapsida kembang bulan

Research & Development

Divisi Penelitian dan Pengembangan didedikasikan untuk keunggulan dan peningkatan inovasi berkesinambungan dari produk yang diciptakan. Divisi ini bertanggungjawab penuh terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan suatu produk sekaligus prosedur pembuatannya baik pengolahan maupun pengemasannya. Hal ini menjadi salah satu sumber kemajuan perusahaan dimana terjadi pengembangan produk, efisiensi proses produksi serta perbaikan mutu produk sehingga produk yang dipasarkan mempunyai daya jual yang memadai.

Kembang Bulan belum memiliki tim khusus untuk melaksanakan fungsi R&D namun hal tersebut tidak menghalangi kami untuk senantiasa berinovasi dalam menciptakan produk yang berkhasiat serta aman dan nyaman untuk dikonsumsi. Karenanya sejak tahun 1990-an semua produk Kembang Bulan dibuat dalam bentuk ekstrak yang dikeringkan dan dikemas dalam kapsul. Saat ini Kembang Bulan juga sedang mengembangkan produk-produk baru dengan bentuk sediaan yang lebih bervariasi seperti cairan obat luar dan  salep untuk penggunaan topikal.

- production kapsida kembang bulan

Production

Kegiatan produksi pada industri obat tradisional sangat berbeda dengan industri obat modern. Secara garis besar kegiatan produksi yang dilakukan meliputi dua hal yaitu pengolahan dan pengemasan. Namun proses yang dilalui lebih panjang dan rumit karena bahan baku yang digunakan adalah bahan herbal yang memiliki lebih banyak variasi baik dalam hal pemerian, kebersihan maupun kandungan sehingga dapat mempengaruhi kualitasnya. Karenanya hal utama yang kami perhatikan adalah proses persiapan bahanbaku yang meliputi pemeriksaan organoleptis, sortasi bahan, pencucian, pengeringan sampai penggilingan. Selanjutnya bahan yang sudah siap pakai akan diolah melalui proses ekstraksi sampai diperoleh bentuk yang diinginkan dan dilanjutkan hingga proses pengemasan.

Kemajuan teknologi saat ini mendorong Kembang Bulan untuk semakin berkembang dan memperbaiki diri. Kegiatan produksi yang dulu dikerjakan tangan dengan metode sederhana kini sebagian besar dilakukan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi baik dalam proses pengolahan maupun pengemasan. Hal ini dilakukan agar produk yang dihasilkan lebih higienis dan berkualitas serta memenuhi tiga kriteria utama yang wajib dipenuhi produk-produk kesehatan yaitu aman, nyaman dan berkhasiat.

- quality control kapsida kembang bulan

Quality Control

Untuk menghasilkan produk yang memenuhi standar mutu yang telah ditentukan maka dibutuhkan adanya pemeriksaan dan pengawasan mutu dalam keseluruhan kegiatan produksi baik selama proses (In Process Control) maupun di akhir proses (End Process Control). Divisi QC bertanggung jawab terhadap kegiatan ini untuk memastikan bahwa seluruh proses produksi yang dilaksanakan telah sesuai dengan prosedur baku yang ditetapkan (SOP) sehingga produk yang dihasilkan mempunyai kualitas seperti yang diharapkan.

Beberapa sarana di Kembang Bulan yang mendukung fungsi divisi QC antara lain laboratorium kimia-fisika, laboratorium IPC dan laboratorium Mikrobiologi. Dilengkapi alat uji yang modern dan dikerjakan oleh tenaga ahli sehingga hasil pemeriksaan terhadap sampel produk dapat dipertanggung jawabkan.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?